Jumat 30 Jul 2010 17:50 WIB

Kecelakaan Kapal Kongo, 140 Orang Tewas

REPUBLIKA.CO.ID,KINSHASA--Sebuah kapal terbalik di sungai di Republik Demokratis Kongo (DRC), menewaskan sedikitnya 140 orang, kata kantor gubernur provinsi, Kamis.Menurut AFP, kapal itu mengalami kecelakaan di sungai Kasai, sebuah anak sungai Kongo, di wilayah barat negara itu pada Rabu."Saya bisa mengkonfirmasi kecelakaan itu. Kami saat ini sedang melakukan pertemuan krisis," kata satu sumber di kantor gubernur provinsi Bandundu yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Menurut sumber itu, 140 orang tewas dalam musibah tersebut.Kapal itu membawa penumpang dan barang dari Mushie, sekitar 30 kilometer dari Bandundu, kota utama di provinsi tersebut.

Pengangkutan melalui sungai digunanakan secara luas di DRC, dimana jalur perairan mencakup sungai Kongo yang memiliki panjang 4.700 kilometer.Puluhan orang tewas setiap tahun akibat kecelakaan di sungai yang melibatkan kapal yang padat penumpang.

Pada November tahun lalu, sedikitnya 73 orang tewas ketika dua kapal tongkang yang terkait tenggelam di danau Mai-Ndombe di provinsi Bandundu.Pada September 2009, lebih dari 250 orang tewas dalam tiga kecelakaan kapal di jalur perairan Kongo.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement