Sabtu 16 Oct 2010 01:51 WIB

Terowongan KA Terpanjang di Dunia Segera Selesai

Rep: Telegraph/ Red: Budi Raharjo
Terowongan kereta api di Swiss
Foto: AP
Terowongan kereta api di Swiss

REPUBLIKA.CO.ID,SWISS--Terowongan rel kereta api terpanjang di dunia yang menghubungkan Swiss dan Italia sebentar lagi selesai dikerjakan. Sebuah mesin bor raksasa tinggal sedikit lagi menerobos bebatuan untuk menuntaskan pekerjaan besar tersebut.

Penyelesaian terowongan sepanjang 56,6 kilometer itu dinilai sebagai pencapaian yang belum pernah diraih manusia sebelumnya. Mega proyek senilai 10 miliar dolar AS ini menembus pegunungan Alpen. Terowongan itu menembus melalui Gotthard termasuk Vatgira yang memiliki ketinggian 8.200 kaki, hingga mencapai Italia.

Terowongan itu dibuat untuk mengalihkan pengangkutan barang dari truk di jalan raya ke kereta api lantaran truk-truk besar dikhawatirkan merusak kemurnian lanskap pegunungan Alpin di Swiss. Pemilih Swiss yang mesti ikut membiayai proyek ini sebesar 1.300 dolar AS per orang, menyetujui pembangunan terowongan raksasa ini melalui serangkaian referendum hampir 20 tahun lalu. Namun, penduduk Swiss masih perlu menunggu beberapa saat lagi untuk dapat menggunakan jalur kereta itu.

Kalangan pendukung konservasi mengatakan, uang yang dikeluarkan untuk membiaya proyek itu tak seimbang jika waktu yang dihemat untuk perjalanan dari Eropa Utara ke Italia hanya sejam. ''Swiss mencintai pegunungan mereka,'' kata Thomas Brolli, seorang mantan wartawan yang menjadi juru kampanye kelompok Inisiative Alpen. ''Setiap orang Swiss terkait dengan Alpen, apakah mereka lahir di sana atau sekadar pergi berlibur ke sana.''

Sekitar 1,2 juta truk melintasi pedesaan di pegunungan Alpen di Swiss setiap tahunnya. Truk-truk itu merusak tanaman langka dan mengganggu hewan-hewan. Alat transportasi itu juga menambah erosi, musuh terbesar, di Alpen. Namun Swiss tidak memutuskan untuk menghentikan truk-truk asing itu untuk melintasi negaranya. Demi menjaga pegunungan yang mereka cintai agar tak sedikit demi sedikit tergerus, Swiss memilih untuk membuat terowongan raksasa tersebut. Rencana mega proyek ini sebenarnya telah disusun sejak 60 tahun lalu.

Terowongan yang diberi nama Gotthard Base Tunnel ini rencananya akan dibuka untuk lalu lintas pada 2017. Terowongan ini akan mengalahkan Japan Seikan Tunnel yang sepanjang 52,8 kilometer. Melalui terowongan ini, Swiss mengharapkan lebih banyak barang yang bisa diangkut dan lebih cepat dengan kereta api.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement