Jumat 17 Dec 2010 03:31 WIB

Wikileaks: Fidel Castro di Ambang Kematian

Rep: Hiru Muhammad/ Red: Siwi Tri Puji B
Fidel Castro
Fidel Castro

REPUBLIKA.CO.ID, HAVANA--Tokoh komunis Kuba, Fidel Castro dikabarkan hampir tewas akibat gangguan penyakit usus yang dideritanya ketika melakukan perjalanan dengan pesawat udara di dalam negeri tahun 2006. Kabar itu terungkap lewat informasi yang disampaikan situs pembocor, WikiLeaks berdasarkan keterangan sejumlah diplomat AS di Havana.

Kepala misi AS untuk Kuba, Michael Parmly yang mengutip keterangan seorang dokter yang termuat dalam informasi yang bocor tersebut menyatakan Castro mengalami sakit yang serius pada Juli 2006. ''Sakit itu sudah dirasakan ketika menumpang pesawat dari Holguin menuju Havana,'' kata laporan itu seperti dikutip BBC.

Karena rute penerbangan itu pendek, tidak ada dokter yang menyertai Castro saat itu sehingga pesawat diputuskan untuk segera mendarat mengingat kondisi Castro yang memburuk. Castro didiagnosa mengalami gangguan pada usus besarnya hingga memerlukan operasi. Namun, karena sikap Kastro yang ragu menjalani operasi, membuat kondisinya terus memburuk. ''Sakitnya sulit disembuhkan dan baginya itu tidak mungkin membuatnya kembali memimpin Kuba,'' kata laporan tersebut.

Lebih lanjut juga disebutkan, Castro tidak akan tutup usia dalam waktu cepat, namun akan kehilangan kecakapan dan terus melemah kondisinya sampai akhirnya tutup usia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement