Selasa 08 Feb 2011 18:27 WIB

Korea 'Bersaudara' Duduk Satu Meja

Korsel dan Korut
Korsel dan Korut

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL - Para perwira, baik dari Korea Selatan maupun Korea Utara melakukan pertemuan. Pertemuan tersebut merupakan yang kali pertama dilakukan sejak meningkatnya tensi 'Korea bersaudara' belakangan ini, yakni sejak Korea Utara menyerang pulau Korea Selatan pada November tahun lalu.

Pertemuan para perwira itu berlangsung di daerah perbatasan kedua negara, yang juga dijaga ketat oleh kedua negara, Selasa (8/2). Pertemuan berlangsung hingga siang hari di sebuah gedung yang disebut sebagai Rumah Damai di Panmunjom, sebuah desa yang terletak di Zona Bebas Militer, yang merupakan pemisah semenanjung.

Pengebomanan terhadap pulau Yeonpyeong pada 23 November lalu, yang menewaskan dua marinir dan dua warga sipil menimbulkan kecemasan kedua Korea akan terjerumus perang. Korea Selatan juga menuduh Korea Utara menterpedo kapal perang dekat tapal batas maritim pada Maret tahun lalu yang menewaskan 46 orang. Korea Utara menolak tuduhan itu.

Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk meminimalisir ketegangan dan mempersiapkan pertemuan tingkat tinggi militer, yang akan membicarakan kedua insiden. Kedua kolonel yang memimpin pembicaraan berjabatan tangan sebelum perundingan dimulai.

sumber : AFP/Radio Nederland
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement