Selasa 01 Mar 2011 16:20 WIB

Iran Anggap Logo Olimpiade 2012 Rasis

Logo Olimpiade 2012 di London
Logo Olimpiade 2012 di London

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN - Iran telah melakukan protes terhadap logo kontroversial Olimpiade 2012, dengan mengatakan logo tersebut mengandung nilai rasis dan mantra kata sion, laporan Kantor Berita ILNA Senin (28/2). Dengan berbentuk gerigi, lambang tersebut diliputi dengan berbagai warna, yang dikabarkan menghabiskan biaya sekitar 400 ribu poundsterling (hampir 650 ribu dolar) dengan memiliki empat angka yang berani mewakili 2012, dengan ditengahnya menampilkan logo Olimpiade.

Tapi Mohammad Aliabadi, Kepala Komite Olimpiade Nasional Iran, mengatakan logo itu merusak acara tersebut dan menuduh Inggris sebagai penyelenggara terlibat dalam "rasisme," lapor ILNA. "Sayangnya, kita semua menyaksikan bahwa Olimpiade mendatang ... menghadapi tantangan serius, pasti melahirkan semangat rasis dari beberapa orang,"  Aliabadi mengatakan dalam sebuah surat kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Jacques Rogge.

"Penggunaan kata Sion oleh perancang logo Olimpiade .... dalam lambang Olimpiade 2012 adalah tindakan yang sangat menjijikkan," tegasnya. Ia memperingatkan jika Rogge tidak mengambil tindakan tegas terkait logo tersebut, diduga akan "mempengaruhi partisipasi dari beberapa negara, terutama seperti Iran yang bersikeras pada prinsip dan nilai-nilai tersebut." Sion adalah istilah dalam Alkitab yang sering merujuk ke kota Yerusalem.

Kepala Komite Olimpiade London 2012 Sebastian Coe meluncurkan logo pada Juni 2007dan langsung mendapatkan kritikan dari publik bahwa itu adalah mengerikan dan buang-buang uang. Panitia telah membela logo tersebut dengan mengatakan bahwa itu adalah "modern, berani, fleksibel" yang bertujuan menjangkau anak-anak.

sumber : AFP/Al Arabiya
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement