Sabtu 03 Aug 2013 05:08 WIB

Thailand Tingkatkan Keamanan Hadapi Demonstrasi

Red:
PM Thailand Yingluck Shinawatra
PM Thailand Yingluck Shinawatra

BANGKOK -- Thailand melakukan pengamanan internal di sebagaian wilayah ibu kota Bangkok menjelang serangkaian demonstrasi politik yang dimulai akhir pekan nanti.

Pengamanan akan dilakukan pada tiga kabupaten di pusat kota Bangkok dari Kamis hari ini sampai10 Agustus nanti. Aparat keamanan akan mempunyai kewenangan untuk memblokir jalan-jalan, menghentikan kendaraan, memberlakukan jam malam dan melarang kumpulan orang banyak.

Sebuah koalisi baru terbentuk dari kelompok yang menyebut diri sebagai “Tentara Rakyat Thailand” akan berdemonstrasi pada hari Minggu menjelang pengenalan Rancangan Undang Undang amnesti buat parlemen. Undang Undang itu disebut sebut akan menghapus dosa sebagian besar dari mereka yang terlibat dalam aksi kekerasan politik saat kudeta antara tahun 2006 sampai pertengahan 2012.

Para penentang mengklaim RUU itu dirancang untuk menggizinkan mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, kakak dari Perdana Menteri incumbent Yingluck Shinawatra bisa pulang tanpa menghadapi penjara karena tuduhan korupsi.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement