Kamis 22 Aug 2013 00:02 WIB

Rudd dan Abbott Siap Debat Kedua Kalinya

Red:
Kevin Rudd dan Tony Abbott
Kevin Rudd dan Tony Abbott

CANBERRA -- Perdana Menteri Australia Kevin Rudd dan Pemimpin Oposisi Tony Abbot Rabu (21/8) akan berhadapan dalam debat kedua pemilu di Brisbane, setelah berkampanye dua setengah minggu di seluruh Australia.

Debat pertama kedua pemimpin pada akhir minggu pertama di National Press Club, Canberra, berfokus pada ekonomi dan pertanyaannya diajukan oleh panelis yang terdiri dari para jurnalis.

Pada forum publik hari ini, yang akan dimulai pada pukul 6:30 sore (3:30 sore WIB) di Brisbane Broncos Leagues Club, 100 orang pemilih yang belum menentukan pilihan akan mengajukan pertanyaan.

Redaktur politik Sky News, David Speers, sekali lagi akan menjadi moderator, tapi event itu akan disiarkan live di stasiun ABC News 24.

Kedua pemimpin hari ini berada di Brisbane mempersiapkan diri menjelang debat.

Kata jurubicaranya, PM Rudd fokus pada persiapan debat, tapi sebelumnya ia akan mengumumkan sebuah paket pembiayaan pasien kanker dan keluarga mereka yang tinggal di pedalaman Australia.

Sementara jurubicara Abbot mengatakan, pemimpin oposisi itu mendapat briefing rutin dari tim kebijakan dan ekonominya.

Rudd semula menginginkan empat debat selama kampanye. Abbot menginginkan tiga debat dan mengusulkan satu lagi forum publik di Sydney.

Debat pertama berfokus pada berbagai tantangan ekonomi, tapi perdana menteri pada kesempatan itu juga berjanji melegalkan pernikahan sesama jenis dalam 100 hari pertama jika Pemerintahan Partai Buruh terpilih kembali.

Menurut alat survei ABC, Vote Compass, Abbot memenangkan debat pertama tersebut.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement