Selasa 08 Apr 2014 19:31 WIB

Australia dan China ada Persamaan?

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA -- Pemerintah Australia mengirim misi perdagangan terbesar ke China minggu ini. Tujuannya untuk  memperkuat hubungan dengan mitra dagang terbesarnya itu. Tapi banyak lagi hal menarik dalam hubungan kedua negara selain perdagangan sumber alam dan barang-barang konsumen.

Berikut 10 persamaan antara Australia dan China:

1. Haus akan pengetahuan

ABC International

Melakukan perjalanan, menjelajah dan belajar sangat digemari di kedua negara. Jumlah turis ke Australia dari China semakin meningkat setiap tahun. Banyak yang datang untuk menikmati makanan dan minuman anggur, keindahan alam dan kegiatan budaya.

Dan orang Australia dan China sama-sama senang ‘armchair travel' (mempelajari tentang negara lain tanpa harus melakukan perjalanan) maupun travel yang nyata. Minggu ini, Shanghai Media Group, berkolaborasi dengan ABC, menyiarkan ‘Window into Australia’ dengan berbagai program selama tujuh hari, menampilkan film-film dokumenter, acara gaya hidup dan profil sejumlah tokoh Australia.

Seperti yang dijanjikan oleh billboard SMG di Nanjing Road yang terkenal di Shanghai, mengunjungi Australia akan merupakan pengalaman yang penuh warna, keindahan dan kaya.

2. Inovator
Innovators
ABC News
Kedua negara mempunyai reputasi sebagai inovator terkemuka.
China sudah lebih dulu dikenal sebagai penemu, antara lain, kertas, percetakan, mesiu dan kompas. Sementara penemuan Australia yang lebih belakangan antara lain lemari es, wi-fi dan alat pendengaran bionik.
Dan dengan banyak persamaan dalam industri pertanian dan sumber alam, China dan Australia di tahun-tahun belakangan ini telah meningkatkan kolaborasi dalam sejumlah proyek riset dan pembangunan.
3. Banyak kembang api
A love of fireworks
ABC News Audience Submitted: Alan Davis
Perayaan publik yang besar di Australia maupun di China biasanya ditutup dengan pameran kembang api warna-warni yang spektakuler di udara.
Obsesi Australia pada kembang api, yang adalah penemuan China, mungkin disebabkan oleh iklim dimana langit biasanya cerah tak berawan.
Pameran kembang api terbesar di Australia digelar di Sydney Harbour pada perayaan Malam Tahun Baru. Diperkirakan 1,6 juta orang menghadiri event tersebut dan hampir satu milyar orang di seluruh dunia menyaksikannya di TV, ketika hingga tujuh ton pyrotechnics dinyalakan dan melambung ke udara.
4. Binatang yang lucu

ABC International
Dua binatang lucu menggemaskan yang menjadi ikon sama-sama dikagumi: orang Australia suka panda dan orang China suka koala.
Publik Australia belum lama ini menyambut kedatangan dua ekor panda besar di Kebun Binatang Adelaide. Keduanya menarik turis dari mancanegara.
Di China, koala seringkali menjadi pusat perhatian, khususnya ketika bayi koala kembar lahir di Taman Margasatwa Xiangjing di Guangzhou di tahun 2007, yakni yang pertama yang lahir bukan di alam bebas dalam waktu tiga dasawarsa.
Di tahun 2014 ini delapan koala yang dibesarkan di Australia akan dikirim ke Hong Kong untuk sebuah pameran permanen sebagai bagian dari sebuah program pertukaran budaya.
5. Situs-situs Warisan Dunia
World Heritage Sites and tourism
ABC International
Australia dan China memiliki sejumlah situs warisan budaya dan alam. 19 ditemukan di Australia dan 45 di China.
Turis-turis dari seluruh dunia berdatangan untuk menyaksikan dan menikmati Great Barrier Reef di Queensland dan Tembok Besar China.
Sementara biaya penerbangan kini semakin terjangkau, Australia dan China menikmati pertumbuhan kuat dalam industri pariwisata selama beberapa dasawarsa terakhir ini.
6. Secangkir teh
abc open cup of tea169.jpg" alt="A cup of tea" />
ABC Open: Wendy Owen
Kecintaan menikmati secangkir teh atau 'cuppa' tercermin dalam cerita-cerita rakyat Australia, dengan lagu rakyat lama Waltzing Matilda menggambarkan seorang pengembara memasak air teh dengan api unggun di tempat terbuka.
Sudah menjadi kebiasaan di Australia untuk menikmati secangkir teh di pagi atau sore hari.
Kebiasaan minum teh juga secara historis berasal dari China kuno dan sekarang ini teh masih mempunyai nilai budaya yang signifikan, baik dalam acara resmi maupun dalam kehidupan sehari-hari.
7. Zona waktu yang sama
Shared Time zone
ABC International

China adalah mitra dagang terbesar Australia, maka kesamaan zona waktu sangat penting agar bisnis dapat berjalan tanpa tertunda.

Central Standard Time di China sama dengan Western Standard Time di Australia, sehingga mudah melakukan bisnis melalui telepon konferensi dan pertemuan online.

8. Sumber alam
Natural Resources
ABC International
Secara geografis kedua negara hampir sama luasnya - China adalah negara terluas keempat di dunia dan Australia keenam - tapi yang lebih signifikan adalah keduanya sama-sama mempunyai kekayaan sumber mineral. Kedua negara mengembangkan industri pertambangan yang besar yang memacu pertumbuhan ekonomi.
Australia kaya akan bijih besi, nikel, bauxit dan batubara, sedang China pengekspor besar emas, bijih besi dan aluminium.
Kesamaan industri ini memungkinkan pertukaran pengetahuan. Banyak pakar pertambangan Australia pergi ke China dan sebaliknya.
9. Sama-sama menjadi tuan rumah Olimpiade baru-baru ini

Flickr  CC:  Asten
Kedua negara sama-sama gila olahraga dan bangga dengan prestasinya yang menonjol di gelanggang internasional. Kedua negara menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Olimpiade di tahun 2000-an, membangun reputasi sebagai tuan rumah event kelas dunia dan sekaligus memecahkan rekor dunia.
Selama bertahun-tahun kesuksesan kedua negara dalam Olimpiade kebanyakan di kolam renang. Perolehan medali emas Australia yang menonjol adalah dari renang (57 seluruhnya) dan China meraih 33 medali emas dari diving (menyelam).
10. Tahun Baru China
Lunar New Year
ABC Local: John Donegan

Tahun Baru China adalah salah-satu perayaan terbesar di China, tapi banyak orang tidak tahu bahwa Sydney menyelenggarakan salah-satu perayaan terbesar Tahun Baru China di luar China.

Imigrasi China ke Sydney bermula dari tahun 1818. Kini sekitar lima persen orang (228-ribu) di Sydney, menurut sensus, berbicara Mandarin atau dialek Kanton di rumah.

Festival Tahun Baru China di Sydney baru dimulai 17 tahun lalu dengan sebuah event komunitas kecil yang dihadiri oleh beberapa ratus orang. Di tahun 2014, festival Tahun Baru China diselengarakan selama16 hari dan mencapai puncaknya dengan sekitar 100-ribu orang berjajar di pinggir jalan, menikmati parade yang meriah di kota itu.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement