Senin 24 Nov 2014 22:49 WIB

Gold Coast Bersiap Kebanjiran Anak-anak Sekolah di Musim Liburan

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, BRISBANE -- Pekan ini, musim liburan sekolah di Australia dimulai. Liburan di musim panas, terutama bagi mereka yang baru lulus sekolah menengah atas menjadi sangat spesial karena waktunya bisa hingga berminggu-minggu.

Lebih dari 25 ribu murid asal Queensland dan diperkirakan akan berkunjung ke Gold Coast, sekitar 1 jam 30 menit dari kota Brisnane.  Mereka akan menghabiskan liburan akhir tahun dan juga akhir dari masa sekolah di kawasan yang terkenal akan pantainya.

Banyak juga murid-murid sekolah yang memilih tujuan lain seperti Bali, Fiji, Vanuatu. Musim liburan anak-anak sekolah atau yang dikenal dengan istilah 'schoolies' ini biasanya dihabiskan di kota atau negara di luar domisili murid-murid.

Di Gold Coast, kawasan pantai Surfers Paradise telah bersiap menyambut para murid-murid ini terutama soal keamanan.

Mark Reaburn, dari Dewan Penasehat Gold Coast mengatakan bahwa pihaknya telah siap untuk kebanjiran para murid sekolah dan remaja.

Inspektur Des Lacy mengatakan kini yang menjadi masalah yang paling diperhatikan adalah balkon di gedung-gedung tinggi.

"Kita sudah lihat beberapa kecelakaan yang terjadi," ujar Lacy baru-baru ini.

Dua tahun lalu, Isabelle Coleman, siswi dari Brisbane yang berusia 17 tahun tewas setelah jatuh dari balkon di Surfers Paradise.

Lacy juga meminta agar para murid melaporkan setiap insiden yang dialami kepada polisi. "Jika melihat ada gerak-gerik yang kurang pas, tolong beritahu kami," katanya.

Beberapa penyelenggara liburan pun telah mendorong pesan soal keselamatan, "Utamakan Selamat dan Jagalah Teman Kamu."

Di tahun 2013 ada 540 murid-murid yang masuk unit gawat darurat di rumah sakit Gold Coast.

Sementara itu Monica Farrow, dari Layanan Ambulans Queensland mengatakan kebanyakan yang masuk rumah sakit karena mengalami luka ringan. "Biasanya adalah cedera pada jaringan lunak, dehidrasi, memar, dan luka goresan," katanya. Keracunan alkohol menurutnya memerankan peran utama.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement