Kamis 22 Jan 2015 12:58 WIB

Suka Bully Pegawai, Wali Kota di Australia Diusir dari Kantornya

Red:
Wali Kota Allen McKay dilarang mendekati kantornya karena dituduh suka membully pegawai.
Foto: abc news
Wali Kota Allen McKay dilarang mendekati kantornya karena dituduh suka membully pegawai.

REPUBLIKA.CO.ID, NORTHERN TERRITORY -- Allen McKay, Wali Kota Litchfielddi di negara bagian Northern Territory, Australia, diusir dari kantornya gara-gara suka mem-bully pegawai di kantor itu. Surat pengusiran dikeluarkan oleh pihak Balaikota sejak akhir Desember lalu.

Wali Kota McKay kepada ABC, Kamis (22/1), mengakui dilarang mendekati kantor balaikota sejak sebelum Natal yang lalu setelah menerima surat peringatan larangan masuk tanpa izin (trespass notice).

Hal itu menyusul tuduhan bahwa pejabat nomor satu di kota yang terletak di tenggara Darwin ini suka membully pegawainya sendiri serta seorang sesepuh di balaikota.

McKay yang terpilih menjadi wali kota sejak tahun 2012, membantah tuduhan ini.

Menurut dia, anggota dewan kota lainnya tidak lagi mau bicara dengannya. "Saya mengirim email kepada mereka tapi tidak satu pun yang membalas," katanya.

Ia bersikukuh tuduhan terhadap dirinya sama sekali belum terbukti.

Mathew Salter, sesepuh di balaikota, membenarkan bahwa Walikota telah diberi surat larangan masuk ke gedung balaikota.

Namun Mathew bersama tiga sesepuh lainnya telah sepakat untuk sementara akan membiarkan Walikota McKay datang ke balaikota selama tiga jam, Kamis (22/1) malam. Tujuannya, karena ada yang harus dihadiri. "Allen akan dibolehkan datang malam ini untuk rapat," kata Mathew.

Mathew mengaku dibully oleh Walikota Mckay sekitar lima bulan lalu. "Allen sangat pandai menarik simpati untuk dirinya sendiri," katanya. "Namun realitanya adalah, dia suka sekali membully orang lain."

Sejak April 2014, Walikota McKay telah mendapat mosi tidak percaya dari pihak Dewan Kota.

Di bulan Juli, ia diberi kesempatan untuk memperbaiki diri termasuk perilaku bullynya. "Dia perlu mendengarkan segala nasehat yang diberikan kepadanya. Tidak ada yang bisa menolong dia selain dirinya sendiri," tambah Mathew Salter.

Sebuah laporan media lokal menyebut Walikota McKay mendesak Menteri Urusan Pemerintahan Lokal untuk memecat seluruh anggota Dewan Kotanya sendiri.

Namun kepada ABC ia tidak bersedia mengulangi permintaan itu.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement