Selasa 28 Apr 2015 21:08 WIB

Bishop Kembali Ancam Indonesia

Menlu Australia Julie Bishop.
Foto: Reuters
Menlu Australia Julie Bishop.

REPUBLIKA.CO.ID,

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop menggambarkan perlakuan pemerintah Indonesia kepada Andrew Chan dan Myuran Sukumaran serta keluarganya sangat ‘mengerikan’. Karenanya dia pun menyatakan, akan ada konsekuensi yang akan dihadapi Pemerintah Indonesia jika kedua warga Australia itu jadi dieksekusi mati.

Bishop mengaku naik pitam dengan beredarnya gambar keluarga Chan dan Sukumaran yang dikerumuni banyak media ketika hendak menemui terpidana mati untuk terakhir kalinya.

 

"Saya merasa sangat terganggu dengan sejumlah aspek dalam penanganan masalah ini,” kata Bishop dalam program 7.30 ABC baru-baru ini.

 

"Saya pikir proses yang harus dialami keluarga terpidana mati hari ini sangat mengerikan karena situasi disana sangat kacau.”

 

Saya merasa sangat prihatin kepada keluarga kedua pria ini. Mereka layak mendapatkan penghormatan mereka juga layak untuk memiliki martabat yang ditunjukkan oleh mereka ditengah kesedihan yang tak terkatakan ini.

 

"Tapi sepertinya hal itu sekarang tidak mereka dapatkan,”

ABC memahami bahwa memanggil pulang Duta Besar Australia di Jakarta merupakan salah satu opsi yang tengah dipertimbangkan Pemerintah Australia saat ini.

 

Bishop menegaskan akan ada dampak diplomatik bagi Indonesia jika eksekusi oleh regu tembak jadi dilanjutkan.

Bishop juga mengatakan Pemerintah Indonesia belum memberikan pemberitahuan resmi mengenai waktu pelaksanaan eksekusi mati ke-9 terpidana mati.

 

Menteri Luar Negeri Australia mengatakan Duta Besar Australia di Indonesia terus melakukan kontak dengan pejabat tertinggi di Indonesia sampai hari ini.

 

Namun demikian,  Bishop mengaku optimistis mengenai peluang pembatalan eksekusi mati ini. "Semacam intervensi di menit-menit terakhir oleh Presiden Widodo. Namun saya tetap mengkhawatirkan kondisi terburuk yang dapat dihadapi oleh kedua warga Australia ini," tegas Bishop.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-04-28/menlu-australia-peringatkan-indonesia-konsekwensi-jika-duo-bali-nine-dieksekusi/1441286
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement