Selasa 05 May 2015 13:22 WIB

Australia Kembali Turunkan Suku Bunga

Red:
Bank Sentral Australia tampaknya kesulitan dalam memprediksi kemana arah perkembangan ekonomi Australia.
Foto: AFP
Bank Sentral Australia tampaknya kesulitan dalam memprediksi kemana arah perkembangan ekonomi Australia.

REPUBIKA.CO.ID, CANBERRA -- Bank Sentral Australia kembali menurunkan tingkat suku bunga. Dalam keputusan hari Selasa (5/5), mereka menurunkan suku bunga ke tingkat terendah dalam sejarah yaitu 2 persen.

Sebelumnya penurunan dilakukan bulan Februari 2015, dan meskipun diperkirakan akan menurunkan lagi di bulan-bulan berikutnya, Bank Sentral baru menurunkan di bulan Mei ini.

Dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh Bloomberg sebelum keputusan dilakukan, 25 dari 29 ekonom pasar di Australia yang ditanya mengatakan Bank Sentral akan menurunkan tingkat suku bunga.

Bila tindakan Bank Sentral ini diikuti oleh bank-bank besar Australia dalam suku bunga pinjaman rumah, maka mereka yang berutang sekitar $ 300 ribu KPR akan membayar $ 47 lebih sedikit per bulannya mulai sekarang.

Dengan keputusan ini, diperkirakan bahwa Bank Sentral Australia tidak akan lagi menurunkan suku bunga, dan para pakar memperkirakan keputusan berikutnya adalah meningkatkan suku bunga yang diperkirakan akan terjadi di tahun 2016.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement