Kamis 07 May 2015 12:28 WIB

Tabrakan Burung dan Pesawat Terbang Terjadi Hampir Setiap Hari di Australia

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Pesawat yang mengangkasa di udara Australia rupanya rentan mengalami kasus tabrakan. Bukan tabrakan antarpesawat, melainkan pesawat dengan burung.

Dilaporkan dua ribu burung menabrak pesawat di langit Australia setiap tahunnya. Meski jarang menyebabkan kecelakaan pada penerbangan, tetapi tabrakan telah menyebabkan kerusakan bagi badan pesawat.

Burung yang menabrak pesawat menjadi insiden kecelakaan tertinggi dalam industri penerbangan di Australia.

Meski jarang menyebabkan bahaya bagi awak dan penumpang pesawat, tabrakan antara burung dan pesawat menjadi masalah yang serius.

Dengan jumlah insiden mencapai 2.000 kasus per tahun atau sekitar 4 kasus setiap harinya, industri penerbangan Australia telah banyak dirugikan.

Beberapa bagian pesawat mengalami kerusakan, belum lagi dengan jadwal penerbangan yang terganggu untuk memperbaiki bagian yang rusak. Nilai kerugian bisa mencapai $1,5 atau Rp 15 triliun pertahunnya.

Tonton seperti apa kerusakan yang dialami pesawat yang menabrak burung disini.

"Sangatlah penting untuk mengetahui jenis burung apa, karena setiap jenis burung menyebabkan kerusakan yang berbeda-beda kepada badan pesawat," ujar Martin Ziviani, seorang biologis.

"Kemudian kita bisa fokus pada jenis burung mana yang menyebabkan masalah dan membuat strategi untuk mengelola agar mengatasi masalah tersebut."

Untuk menemukan jenis burung apa yang paling sering menabrak, bukanlah sesuatu yang mudah.

Pekerjaan untuk mengambil sampel darah dan sisa-sisa tubuh burung di badan pesawat membutuhkan kepiawaian seorang 'detektif'.

Salah satunya adalah Dr Rebecca Johnson, yang bekerja di Pusat Genomic Margasatwa di Museum Australia.

"Pertama kita cari gen-nya... kita punya 80 juta spesimen hewan.. lewat DNA kemudian bisa dicari burung tersebut paling dekat ke jenis yang mana," ujar Dr Johnson.

22 persen dari burung jenis ibis putih menjadi penyebab kerusakan pada tubuh pesawat terbang.

Karenanya, sebuah program telah dilakukan di beberapa kawasan sekitar bandara-bandara di Australia, untuk menanggulangi ancaman dari burung-burung. 

Salah satu program adalah memindahkan sarang burung ke tempat yang lebih jauh dari kawasan bandara, agar burung-burung tidak lagi perlu 'berkompetisi' dengan pesawat terbang.

Tayangan kerusakan pesawat terbang akibat ditabrak burung.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement