Jumat 29 May 2015 21:12 WIB

Tiap 25 Menit 1 Warga Australia Meninggal karena Penyakit Ginjal Kronis

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Sebuah laporan menyebutkan 1 dari 10 warga Australia menderita penyakit ginjal kronis. Namun ironisnya, kebanyakan dari mereka tidak mengetahui kalau mereka memiliki gangguan kesehatan tersebut. 

Di seluruh Australia, diperkirakan setiap 25 menit ada satu orang warga yang meninggal karena penyakit terkait gangguan fungsi ginjal. Itu artinya 1,7 juta warga Australia merupakan penderita penyakit ginjal kronis dan 1,5 juta orang diantaranya tidak mengetahui kalau mereka memiliki penyakit tersebut.

Mengingat banyak orang yang tidak terdiagnosa inilah, kalangan dokter memperingatkan warga mengenai meningkatnya masalah ini dalam sistem kesehatan.

Kepala Eksekutif, Kesehatan Ginjal Australia, Anne Wilson, mengatakan penyakit ginjal ini merupakan penyakit yang 'diam-diam' dan "tersembunyi' karena gejalanya sangat sedikit. "Ini merupakan penyakit yang umum, tapi membahayakan tapi bisa diobati jika kita mengetahuinya lebih awal," kata Wilson baru-baru ini.

Dikatakannya 1 dari 6 orang yang memiliki tekanan darah tinggi juga menderita penyakit ginjal pada tahap tertentu, tapi kebanyakan tidak pernah memeriksakannya ke dokter.

Seperti dialami oleh pria asal Sydney, Nik Pinchbeck, tiga tahun lalu menjelang pernikahannya.

Setelah pergi minum bersama teman-temannya, dia terjatuh dan kepalanya terbentur ketika hendak pulang ke rumah.

"Ketika bangun keesokan harinya saya merasa tidak enak badan dan berpikir ada yang tidak beres dengan diri saya," kata Pinchbeck.

Doktor mengatakan dia tidak gegar otak, tapi cek kesehatan rutin menunjukan kalau dia menderita penyakit ginjal stadium 4.

Pria berusia 34 tahun itu mengaku terkejut dengan diagnosis tersebut.

"Ginjal saya sudah 80 persen tidak berfungsi," katanya.

"Saya dirawat selama tujuh hari di rumah sakit, saya banyak mencari tahu tentang penyakit ginjal di internet jadi saya belajar banyak," tuturnya.

Pinchbeck mengaku sejak tahu dirinya menderita ginjal, dia mengubah pola makannya dan sekarang rutin memeriksakan kesehatannya ke dokter ginjal.

Laporan dari Kesehatan Ginjal Australia menunjukan penyakit ini akan dapat mempengaruhi warga Australia selama beberapa dekade mendatang.

Dr Tim Matthew, Direktur Medis Kesehatan Ginjal Australia, mengatakan  beban kesehatan akibat penyakit ginjal akan meningkat dalam sistem kesehatan Australia pada tahun 2020 mendatang.

"Setiap kasus ginjal - memakan anggaran antara $50 ribu dan $90 ribu per tahun," katanya.

Dr Matthew mengatakan "epidemi diabetes' di Australia juga terkait dengan kematian yang disebabkan karena penyakit ginjal.

"Menjadi pasien cuci darah itu adalah bagian perawatan kesehatan yang sulit. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengurangi atau menghindari hal itu menurut saya," kata Dr Matthew.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement