Kamis 02 Jul 2015 19:11 WIB

Karya Seniman Andy Warhol dan Ai Weiwei akan Hadir di Galeri Melbourne

Red:
 Potret instalasi sepeda abadi di Museum Seni Taipei.
Foto: Ai Weiwei studio
Potret instalasi sepeda abadi di Museum Seni Taipei.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Sejumlah karya seniman Andy Warhol dan Ai Weiwei akan dibawa ke Melbourne oleh Galeri Nasional Victoria (NGV) musim panas ini. Duet karya ini dapat disaksikan dalam acara kontemporer internasional terbesar yang pernah diadakan di galeri tersebut.

Sementara ide untuk menduetkan seniman abad 20 asal New York dengan seniman abad 21 dari Beijing terdengar aneh, NGV mengatakan karya mereka berdua serasi secara alami.

Nama Warhol di dunia seni tak perlu diperkenalkan lagi, tetapi nama Ai Weiwei mungkin kurang akrab bagi mereka yang berada di luar dunia seni.

Artis kontemporer ini telah memicu kontroversi, menghabiskan waktu di penjara dan dilarang meninggalkan negara asalnya oleh pemerintah China.

Kurator senior NGV, Max Delany mengatakan, kedua seniman memiliki memiliki arti yang sangat besar, dan menjelajahi banyak kemiripan ide melalui pekerjaan mereka.

"Andy Warhol menciptakan beberapa ikonografi yang paling menentukan dari akhir abad ke-20 melalui eksplorasi budaya konsumen, ketenaran dan selebriti, media, iklan, politik serta modal," ujarnya baru-baru ini.

Ia lalu menjelaskan, "Sementara kerja Ai berhubungan dengan beberapa isu global yang paling penting di abad ke-21, termasuk hubungan antara tradisi dan modernitas, peran individu dan negara, pertanyaan tentang hak asasi manusia, dan nilai kebebasan berekspresi."

Pameran yang dibuka pada tanggal 11 Desember nanti, akan berlangsung di seluruh lantai dasar bangunan NGV.

Ai Weiwei Kagumi Warhol

Sebuah foto dari tahun 1987 menunjukkan Ai muda yang berpose di depan potret Warhol, sementara foto lain menunjukkan Warhol di China, dan Ai di jalanan New York.

Direktur NGV, Tony Ellwood, mengatakan, ketertarikan Ai pada Warhol adalah cerita yang tak terungkap yang digali saat menyusun pameran ini.

"Ai Weiwei pergi ke New York dan mempelajari karya Warhol dan sangat menyadari apa yang ia lakukan, tapi dua seniman ini tak pernah bertemu," ungkapnya.

Ia menyambung, "Sekarang kami mungkin melihat Ai Weiwei sebagai seniman paling terkenal saat ini, dan menarik untuk melihat bagaimana persimpangan iu terjadi, meskipun kedua seniman tak pernah bertemu."

Pameran ini juga akan mencakup sebuah proyek yang ditujukan pada kucing sebagai bagian dari seri anak-anak NGV.

"Andy Warhol hidup dengan lebih dari selusin kucing, semuanya diberi nama Sam, kecuali salah satu dari mereka [bernama Hester]," ungkap Max.

"Dan di studio Ai Weiwei, sekitar 40 kucing berkuasa."

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement