Jumat 24 Jul 2015 13:22 WIB

Membicarakan Kematian Bisa Membuat Hidup Lebih Bahagia

Kematian (ilustrasi)
Foto: Kematian (ilustrasi)
Kematian (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MELBURNE --  Presiden AMA, Profesor Brian Owler, mengatakan, penting untuk mendobrak tabu di sekitar kematian dan kondisi sekarat, dan membuat masyarakat membahas harapan mereka dengan keluarga.

"Membicarakan kematian dan sekarat bisa menimbulkan konflik, tapi kami mendorong setiap orang untuk membicarakannya dengan keluarga, tentang harapan di akhir hidup mereka. Dokter keluarga di sekitar anda adalah referensi yang bagus dan bisa menolong untuk membahas kematian dan sekarat dengan cara yang layak," jelasnya.

Ia menyambung, "Dokter memberi harapan pada pasien dengan membiarkan mereka hidup dengan kebanggan dan membantu mereka untuk terhubung dengan keluarga."

AMA juga mengatakan, rencana perawatan lanjutan seharusnya memperjelas pilihan tentang kematian dan perawatan pribadi, termasuk hasil kesehatan, tujuan, dan nilai perawatan yang diinginkan, yang seharusnya membimbing keputusan tentang perawatan seseorang.

Rencana itu juga seharusnya memperjelas siapa yang harus membuat keputusan untuk mereka ketika orang yang bersangkutan kehilangan kemampuan untuk memutuskan sesuatu di masa depan.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-07-23/membicarakan-kematian-bisa-membuat-hidup-lebih-bahagia/1473426
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement