Rabu 02 Sep 2015 17:10 WIB

Pemogokan Kereta di Melbourne Berlangsung Kamis dan Jumat

Pemogokan direncanakan akan berlangsung empat jam pada Jumat.
Foto: abc
Pemogokan direncanakan akan berlangsung empat jam pada Jumat.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Rencana pemogokan kereta api di Melbourne pada Kamis dan Jumat 3-4 September diperkirakan akan berjalan, setelah Fair Work Commision menolak permintaan pengelola kereta Metro untuk menghentikan pemogokan.

Menurut Fair Work Commision, lembaga yang menjadi penengah perseteruan di bidang industri, Metro sebagai pengelola gagal membuktikan pemogokan selama empat jam dari pukul 10.00-14.00 Jumat akan membahayakan keselamatan dan kesejahteraan pengguna.

Selain Jumat, aksi pemogokan juga akan berlangsung Kamis dengan sekitar 50 jadwal kereta api akan dibatalkan.

Public Transport Victoria (PTV) telah menyarankan kepada penumpang untuk mengecek situs mereka untuk mengetahui perkembangan terakhir.

Sejauh ini pihak pengelola jaringan kereta di Melbourne, Metro dan serikat pekerja RTBU gagal mencapai kesepakatan mengenai peningkatan bayaran bagi para pekerja dengan perundingan antar kedua belah pihak semakin 'sengit' dalam sebulan terakhir.

"Untuk mengurangi dampak terhadap publik pengguna transportasi publik, anggota kami seperti mereka yang mengatur jadwal atau petugas sinyal akan bertugas lebih lama atau kembali bertugas secepatnya, sehingga yang terjadi betul-betul pemogokan antara pukul 10.00-14.00," kata sekretaris RTBU Luba Grigorovitch dalam sebuah pernyataan.

"Kami masih berharap bisa menghindari pemogokan, bila ada kesepakatan yang tercapai sebelum Jumat. Namun, tawaran terakhir dari Metro masih terlalu jauh untuk bisa diterima," ujarnya.

Dalam pernyataannya, Metro mengatakan 'kecewa' pemogokan akan berlangsung, dan menambahkan layanan kereta pasti terganggu lebih dari empat jam .

"Kamis akan terjadi pembatalan banyak jadwal antara pukul 04.30-07.00 pagi. Juga akan ada perubahan lain sehingga jam sibuk biasanya di pagi hari pasti akan terpengaruh."

"Di Jumat, tidak akan ada kereta yang jalan antara pukul 10.00-14.00, namun pada ada gangguan sebelum dan sesudahnya. Kami memperkirakan gangguan akan terjadi mulai pukul 08.30 sampai 15.30." kata Metro.

Bila pemogokan kereta terjadi, maka ini akan menjadi pemogokan pertama di Melbourne sejak 1997. Pekan lalu, layanan trem terganggu juga dengan pemogokan selama empat jam.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-09-02/pemogokan-kereta-di-melbourne-berlangsung-kamis-dan-jumat/1488312
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement