Kamis 03 Sep 2015 15:20 WIB

Sejumlah Operasi Rahasia Pasukan Elite Australia Diungkap

Dokumenter ini menampilkan wawancara dengan anggota dan mantan anggota SAS.
Foto: abc
Dokumenter ini menampilkan wawancara dengan anggota dan mantan anggota SAS.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Sebuah dokumentasi resmi mengenai pasukan elit Australia, Special Air Service (SAS) diluncurkan di Canberra, Kamis (3/9) oleh Gubernur Jenderal Peter Cosgrove. Film dokumenter ini membawah sejumlah operasi yang pernah dilakukan SAS.

Dokumenter yang dibagi dalam 11 seri ini berjudul The Australian SAS: The Untold History diproduksi Bruce Horsfiels, yang juga mantan anggota pasukan khusus. Narasumbernya baik anggota yang masih aktif maupun para purnawirawan mengisahkan operasi rahasia yang pernah mereka lakukan.

"Saya mulai dokumenter ini sejak 20 tahun lalu dan terhenti di sana-sini," jelas Horsfield kepada ABC.

Salah satu cuplikan ceritanya, menampilkan mantan anggota SAS yang pernah bertugas di Vietnam.

"Kami diterbangkan pada ketinggian 10 ribu kaki lalu diterjunkan begitu saja," katanya.

Dokumenter ini juga menampilkan para bekas anggota SAS yang mengalami post traumatic stress dan dampaknya pada keluarga mereka. Mantan Komandan Operasi Khusus Australia Mayjen Mike Hindmarsh mengatakan, dokumenter ini memiliki nilai sejarah yang penting.

"Kami memiliki tanggung jawab kepada publik untuk menjelaskan sedikit mengenai pasukan luar biasa ini. Kami juga bertanggung jawab prajurit dan mantan prajurit dalam 50 tahun terakhir untuk menghargai jasa-jasa mereka," jelasnya.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-09-03/sejumlah-operasi-rahasia-pasukan-elit-australia-kini-diungkap/1488814
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement