Selasa 10 Nov 2015 11:06 WIB

Di Australia, Helikopter Jadi Alat Penggembala Sapi

Penggembalaan sapi dengan menggunakan helikopter di Australia.
Foto: abc
Penggembalaan sapi dengan menggunakan helikopter di Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, NORTHERN TERRITORY -- Rata-rata peternak sapi di Northern Territory (NT) Australia punya lahan yang luas dan hewan ternak banyak yang dikelola dengan efisien. Tenaga kerja sedikit dan memakai teknologi, antara lain memakai pesawat helikopter untuk menggembalakan (mustering) sapi.

"Saya biasanya menggembalakan ternak untuk digemukkan ke rawa-rawa berumput hijau selama 3 bulan," tutur Markus kala ditemui jurnalis Indonesia, yang datang atas kerja sama dengan Australia Plus ABC International di peternakannya, Mount Ringwood Station, Adelaide River, NT pada September 2015.

Proses mustering itu, imbuh Markus, biasa dilakukan pada Mei. Sapi-sapi akan digemukkan selama 3 bulan hingga Juli. Sapi yang dimustering untuk digemukkan adalah sapi yang telah disteril dan 2.000 sapi muda yang khusus dibeli Markus untuk dijual kembali.

Markus membawa ribuan ternaknya ke rawa-rawa berumput hijau di lahan berumput hijau miliknya, jika ada bagian lahannya yang seluas 40.000 hektar itu bagian berumput hijau. Jika tidak, maka dia akan menyewa lahan milik 'tetangga' peternaknya yang berawa-rawa dan masih banyak rumput hijaunya. Dalam kenyataan, lahan milik 'tetangga' ini bisa belasan bahkan puluhan kilometer jauhnya.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-11-10/di-australia-helikopter-jadi-alat-penggembala-sapi/1512260
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement