Kamis 26 Nov 2015 17:27 WIB

Kebakaran Semak Australia, Dua Tewas dan 16 Rumah Rusak

Sebuah mobil hangus terbakar di Sturt Highway.
Foto: ABC News/Malcolm Sutton
Sebuah mobil hangus terbakar di Sturt Highway.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Dua orang dikukuhkan tewas, 13 orang lainnya dirawat di rumah sakit dan 16 rumah rusak berat dalam kebakaran semak di wilayah utara tengah Australia Selatan.

Dua korban yang tewas adalah seorang perempuan berusia 56 tahun dan seorang pria 69 tahun dalam kebakaran di lokasi sekitar 80 km dari ibu kota Australia Selatan, Adelaide.

Menteri Utama Australia Selatan Jay Weatherill mengatakan perempuan tersebut berasal dari Hamley Bridge dan pria berasal dari Pinery dalam kebakaran yang sudah menghanguskan lahan seluas 90 ribu hektare.

Diperkirkaan sedikitnya tiga orang dilaporkan masih hilang.

Menurut Weatherill, lima orang berada dalam kondisi kritis di rumah sakit, dan salah seorangnya mengalami lukar bakar 80 persen tubuhnya.

Polisi mengatakan penilaian awal menunjukkan 16 rumah hancur terbakar ditambah kendaraan, mesin dan gedung lain. Juga di daerah sekitar kebakaran, fasilitas umum seperti kantor pos, dan lapangan boling rumput juga rusak.

Weatherill mengatakan hewan ternak juga menjadi korban, dengan sekitar 300 anak babi dari sebuah peternakan babi dan juga peternakan lain yang berisi domba dan kuda.

Profesor Warren Bebbington dari Universitas Adelaide yang memiliki kampus kedokteran hewan di Roseworthy mengatakan staf di sana sedang menangani banyak hewan yang mengalami luka serius.

Lokasi kebakaran sekarang adalah di daerah Owen, Hamley Bridge, Tarlee, Freeling, Wasleys, Kapunda, Greenock dan wilayah sekitarnya. Petugas mengatakan masih diperlukan waktu beberapa hari untuk menguasai keadaan.

Baca juga:

Besok, KDRT Jadi Topik Khutbah Jumat di Australia

AS Takutkan Pengiriman Rudal S-400 Rusia ke Suriah

Putin Tempatkan Rudal Mematikan S-400 di Suriah

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-11-26/dua-tewas-dan-16-rumah-rusak-dalam-kebakaran-semak-di-australia-selatan/1518992
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement