Kamis 26 Nov 2015 18:08 WIB

Ilmuwan Australia Kembangkan Teknik Deteksi Sidik Jari Bersinar

Kang Liang mengembangkan teknik ini setelah rumahnya sendiri dimasuki maling.
Foto: abc
Kang Liang mengembangkan teknik ini setelah rumahnya sendiri dimasuki maling.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Seorang ilmuwan Australia Kang Liang berhasil mengembangkan teknik deteksi baru dimana dia bisa membuat sidik jari bersinar dalam waktu 30 detik, teknik yang akan bisa membantu menangkap kriminal.

Kang Liang yang berasal dari Cina, sekarang bekerja di CSIRO, lembaga peneliti utama di Australia atau semacam LIPI di Indonesia.

Teknik yang dikembangkan oleh Kang Liang adalah menambahkan cairan yang membuat butiran kristal yang ada pada sidik jari tangan manusia dan menempel ketika kita memegang sesuatu, akan muncul.

Dari itu, para penyelidik kemudian bisa menggunakan lampu ultra violet untuk melihat sidik jari yang sebelumnya tidak kasat mata menjadi 'bersinar' dalam waktu 30 detik.

Sinar ini akan membantu karena ada perbedaan nyata antara sidik jari dengan latar belakangnya sehingga bisa difoto dengan lebih jelas dan dianalisa dengan lebih mudah.

Liang mengembangkan teknik tersebut setelah dia sebelumnya menjadi korban tindak kejahatan ketika rumahnya sendiri dimasuki pencuri.

Kang Liang mengatakan teknik baru ini bisa digunakan bagi kasus-kasus yang lebih rumit ketika mengidentifikasi lewat cara tradisional tidak bisa dilakukan.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-11-26/ilmuwan-australia-kembangkan-teknik-sidik-jari-agar-bersinar/1518918
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement