Senin 08 Feb 2016 20:33 WIB

Hadiri MoU dengan Perusahaan Cina, Menteri Australia Didesak Mundur

Menteri Urusan Human Service Australia Stuart Robert.
Foto: abc
Menteri Urusan Human Service Australia Stuart Robert.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Menteri Human Service  Stuart Robert yang menangani urusan sosial dan kesejahteraan rakyat Australia, kini menjadi sorotan dan didesak untuk mundur. Pasalnya, dia diketahui menghadiri penandatanganan MoU (nota kesepahaman) antara perusahaan tambang Australia dan Cina pada Agustus 2015.

Perusahaan Cina itu bernama Minmetals Exploration and Development Co. Ltd. Sedangkan perusahaan Australia bernama Nimrod Resources Ltd. Nimrod diketahui merupakan donatur besar untuk Partai Liberal yang kini memerintah di Australia.

Dokumen yang diperoleh ABC menunjukkan bahwa kehadiran Menteri Robert dalam acara itu adalah mewakili pihak Departemen Pertahanan Australia (ADF), menurut keterangan pihak Minmetals. Saat itu, Robert masih menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan Australia.

"Atas nama Departemen Pertahanan Australia, Wakil Menteri Robert menyampaikan ucapan selamat atas kerjasama antara Nimrod dan Minmetals. Dia menambahkan bahwa hubungan yang baik antara Nimrod dan Pemerintah Australia akan menjamin suksesnya kerja sama ini," demikian dokumen Minmetals.

Perusahaan tambang Cina itu juga mengungkapkan Robert bahkan sempat menunjukkan medali yang dianugerahkan Tony Abbott, PM Australia saat itu. Diketahui Chairman Nimrod Paul Marks mendonasikan dana 340 ribu dolar AS (Rp 3,4 miliar) untuk Partai Liberal pada tahun anggaran lalu.

Tony Abbott saat menjabat PM bahkan datang khusus ke acara perayaan ulang tahun Mark pada bulan Maret. Namun menjadi sorotan karena Abbott mengajukan penggantian biaya perjalanan ke kas negara.

Juru bicara Menteri Robert menjelaskan kunjungannya ke Cina bukan dalam kapasitas sebagai menteri melainkan sebagai pribadi. "Menteri Robert tidak mengatasnamakan Departemen Pertahanan," katanya.

Menanggapi hal itu, Senator Stephen Conroy dari Partai Buruh yang beroposisi menegaskan adanya konflik kepentingan dana kasus ini. Senator Conroy menuding tindakan Menteri Robert jelas-jelas merupakan "pelanggaran kode perilaku menteri".

Karena itu, dia mendesak PM Malcolm Turnbull untuk memecat Menteri Robert.

 

Baca juga: Apa yang Terjadi Pada Vagina Ketika Perempuan Menua?

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-02-08/hadiri-mou-dengan-perusahaan-china-menteri-australia-jadi-sorotan/1544842
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement