Ahad 29 May 2016 22:29 WIB

Sempat Kritik Great Barrier Reef, Obama Diundang Kunjungi Queensland

Presiden AS, Barrack Obama
Foto: REUTERS/Marcos Brindicci
Presiden AS, Barrack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND -- Pemerintah Queensland telah menulis surat kepada Presiden AS, Barack Obama, untuk mengundangnya secara resmi mengunjungi kawasan Great Barrier Reef.

Presiden Obama menyatakan keinginannya mengunjungi kawasan wisata alam itu selama KTT G20 di Brisbane, pada 2014. Ia juga mengatakan, wilayah itu berada di bawah ancaman akibat perubahan iklim.

Pada saat itu, komentar Presiden Obama membuat para politisi Australia tingkat federal dan lokal bersikap defensif. Tapi sekarang, itu semua tampaknya telah diampuni.

Dalam suratnya, Menteri Utama Queensland Annastacia Palaszczuk, dan Menteri Lingkungan Hidup Steven Miles menulis surat sebagai berikut.

Komentar Anda tentang Great Barrier Reef ketika Anda mengunjungi Brisbane untuk KTT G20 pada November 2014 beresonansi dengan banyak pihak di masyarakat kami.

Anda mengatakan anda ingin kembali ke Australia untuk mengunjungi terumbu karang itu dengan putri Anda dan bahwa Anda ingin agar  kelak mereka bisa membawa anak-anak perempuan atau anak-anak laki-laki mereka untuk menikmati keindahan alamnya.

Bapak Presiden, kami bisa meyakinkan Anda bahwa Pemerintah Queensland melakukan segala sesuatu yang terbaik dan kami ingin menyampaikan undangan secara resmi untuk mengunjunginya.

Surat yang menyoroti upaya Pemerintah negara bagian untuk memastikan masa depan terumbu karang dalam jangka panjang, itu juga berlanjut dengan kalimat seperti di bawah ini.

Kami yakin ketika Anda kembali ke Queensland, dengan istri Anda Michelle dan putri anda, Malia dan Sasha, Anda akan menyaksikan keindahan dan keajaibannya yang luar biasa, seperti halnya warga Australia dan pengunjung dari seluruh dunia selama bertahun-tahun yang akan datang.

Menteri Steven mengatakan kunjungan Presiden Obama akan membantu menyebarkan pesan tentang pentingnya terumbu karang.

"Menteri Utama dan saya telah menulis kepada Presiden Obama untuk memintanya - setelah masa jabatannya berakhir - datang ke sini dengan kedua putrinya dan melihat terumbu karang dan melihat pekerjaan yang kami lakukan," sebutnya.

Ia menuturkan, "Ketika ia terakhir berada di sini, ia menyatakan keprihatinannya tentang upaya konservasi dan kami ingin menunjukkan kepadanya bahwa kami telah mendengarkan dan kami berpikir bahwa kedatangannya ke sini akan membantu kami menyebarkan pesan itu ke seluruh dunia."

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-05-29/sempat-kritik-great-barrier-reef-presiden-obama-diundang-kunjungi-queensland/1585438
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement