Advertisement
Selasa 31 May 2016 08:31 WIB

Tangkal Penyelundupan Narkoba, Australia-Thailand Bentuk Satgas Gabungan

Unit gabungan Thailand-Australia terbentuk setelah peluncuran operasi serupa di Cina.
Foto: abc
Unit gabungan Thailand-Australia terbentuk setelah peluncuran operasi serupa di Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Polisi Federal Australia (AFP) dan mitranya di Thailand telah membentuk satuan tugas (satgas) gabungan baru untuk mengatasi apa yang disebut pejabat AFP sebagai "nafsu tak terkendali" Australia akan narkotika.

Satgas itu akan fokus pada penyelundupan narkoba dan geng kejahatan global.

Satgas tersebut terdiri dari Kepolisian Thailand, Departemen Investigasi Khusus, Kantor Dewan Pengendalian Narkotika, Badan Antipencucian Uang dan AFP.

Komisaris AFP, Andrew Colvin berada di Bangkok pada Senin (30/5) untuk peluncuran satgas baru ini. "Di Australia, kami memiliki nafsu tak terpuaskan akan narkotika dan kami membayar harga yang besar untuk itu," jelasnya.

Ia mengungkapkan, "Banyak narkoba yang datang melalui wilayah ini dan Thailand telah menunjukkan selama bertahun-tahun, kini saatnya berkomitmen dalam satgas gabungan dengan negara-negara seperti Australia untuk menghentikan perdagangan narkoba melalui belahan dunia ini."

Penyelundupan isu kawasan

Heroin dan sabu yang diproduksi di Myanmar dan yang diselundupkan melalui Thailand adalah masalah utama bagi penegakan hukum Australia.

Pada Desember, seorang mantan anggota geng motor Hells Angels Australia yang terkait dengan pasar gelap narkoba dibunuh dekat Pattaya.

Polisi di Kamboja kemudian menangkap lagi warga Australia lainnya, Antonio Bagnato karena dicurigai sebagai pemimpin tim lima orang yang membunuh Wayne Rodney Schneider.

Keamanan perbatasan yang buruk dan penegakan hukum yang lemah membuat area Segitiga Emas di utara Thailand, Laos dan Myanmar menjadi hotspot untuk produksi narkoba.

"Salah satu ukuran penting dalam kerja sama adalah menghentikan pengalihan ahli farmasi dan bahan kimia untuk induk produksi obat ilegal," kata Menteri Kehakiman Thailand Jenderal Paiboon Koomchaya.

Satgas gabungan Thailand-Australia ini terbentuk setelah peluncuran operasi serupa di Cina yang disebut Taskforce Blaze.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/tangkal-penyelundupan-narkoba,-australia-thailand-bentuk-satgas/7461258
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement