Ahad 25 Sep 2016 22:54 WIB

Sempat Bergelantungan, Tiga Pekerja Korban Crane Runtuh Selamat

Tiga pekerja bergelantungan di Crane ketika alat berat itu terjatuh dari bagian atas sebuah bangunan.
Foto: AAP
Tiga pekerja bergelantungan di Crane ketika alat berat itu terjatuh dari bagian atas sebuah bangunan.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Tiga pekerja yang tergantung dengan tali pengaman mereka pada sebuah crane yang runtuh di atas sebuah bangunan di Sydney Utara berhasil diselamatkan.

Petugas Kebakaran dan Penyelamatan New South Wales, Inspektur Ron James mengatakan layanan darurat dipanggil ke lokasi runtuhnya sebuah crane di Arthur Street sekitar pukul 11..30 waktu setempat, dengan laporan ada tiga orang pekerja yang terjebak.

“Ketika kami tiba, kami mendapati palang besi alat berat crane itu tengah tergantung di sisi sebuah bangunan dengan tiga orang pekerja bergelantungan didalam palang besi crane tersebut. Dengan bantuan dari Polisi penyelamat dan Layanan Operasi Ambulan Khusus, petugas kebakaran dan Penyelamatan NSW berhasil menyelamatkan ketiga pekerja tersebut dari crane dengan menggunakan keranjang penyelamat. Salah satu diantara pekerja itu mengalami luka serius,” kata Inspektur James.

Inspektur James mengatakan kedua orang pekerja lainnya mengalami luka ringan. Kepolisian NSW mengatakan ketiga pekerja tersebut berusia 24, 28 dan 36, terikat pada tali temali dan terperangkap untuk sesaat di dalam palang besi crane tersebut.

Dia mengatakan para pekerja tersebut sedang dalam proses pembongkaran derek ketika kecelakaan itu terjadi.

"Saya tidak tahu apakah mereka berada di dalam boom (palang besi crane), atau [berada diatas] boom, tapi mereka [ada disuatu tempat] di batang besi crane yang terayun-ayun ketika alat berat itu runtuh ke dalam bangunan, yakni sebagian dari lengan crane sedikit bagian dari crane itu, dengan kawat yang menggantung di bagian ujungnya.

"Mereka berada di tingkat 20, jadi posisi crane itu cukup tinggi dan mereka yang tergantung pada derek tersebut dalam posisi vertikal setidaknya 60 meter di atas tanah.

Selamat berkat tali keselamatan

Inspektur James mengatakan ketiga pria ini sangat beruntung bisa selamat dan semua itu berkat jarring dan tali penyelamat yang mereka kenakan.

Tiga orang pekerja terluka dalam insiden jatuhnya crane di Utara Sydney.
Ketiga petugas terluka dalam insiden jatuhnya crane di Sydney Utara.

Inspektur James mengatakan bagian dari batang besi crane itu cukup hancur dan sekarang harus disingkirkan.

Sebuah pernyataan polisi mengatakan ketiga korban dalam insiden ini dilarikan ke Rumah Sakit Royal North Shore dengan berbagai cedera, yang tidak dianggap mengancam nyawa.

Polisi telah diberitahu ketiga pekerja berada di dalam crane ketika crane tersebut tidak berfungsi, runtuh dan menabrak dinding beton," kata pernyataan itu.

"Pria berusia 24 tahun itu berhasil melepaskan diri dan naik ke tempat yang aman di atap gedung. "Pekerja lain merendahkan kotak logam dengan menggunakan derek kedua untuk membantu pekerja lain. Kedua pekerja itu berhasil dilepaskan dari tali temali yang mengikatnya dan diturunkan ke tanah," katanya.

Insinyur akan hadir dan menilai situs dan SafeWork NSW juga akan menyelidiki insiden tersebut.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/mesin-crane-jatuh-di-sydney/7875954
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement