Kamis 08 Dec 2016 14:34 WIB

Orang Utan Karta Hamil Setelah Enam Kali Keguguran

Karta hamil walau sudah diberi pil pencegah kehamilan. Dia mengalami keguguran enam kali sejak 1995.
Foto: ABC
Karta hamil walau sudah diberi pil pencegah kehamilan. Dia mengalami keguguran enam kali sejak 1995.

REPUBLIKA.CO.ID, ADELAIDE -- Sebuah peristiwa langka diumumkan Kebun Binatang Adelaide, Australia Selatan. Orang utan bernama Karta, yang sudah mengalami enam kali keguguran sejak 1995, sekarang sedang hamil dan akan melahirkan pertengahan Januari meski sudah dipasang alat pencegah kehamilan.

Karta, orang utan asal Sumatra terakhir kali mengalami keguguran pada 2014. Penjaga binatang primata senior di Kebun Binatang Adelaide Jodie Ellen mengatakan mereka terkejut dengan kehamilan yang tidak direncanakan tersebut.

Dia mengatakan tim pengasuh primata di sana senang orang utan yang berusia 34 tahun tersebut bisa menjadi induk betina lagi. Namun, dalam waktu bersamaan, juga bersikap realistis melihat apa yang dialami Karta di masa lalu.

"Kami tentu sangat berharap Karta akan bisa melahirkan, sesuatu yang memang pantas dialaminya. Ini bukan kehamilan yang direncanakan, namun alam berkehendak lain, dan kami tetap melanjutkan proses kehamilan ini karena orang utan Sumatra sekarang betul-betul kritis di alam liarnya. Penting sekali kami tetap mengembangkan spesies ini sebelum mereka betul-betul punah dari planet ini," kata Ellen.

Ellen mengatakan selama bertahun-tahun mereka tidak mengetahui mengapa Karta berulang kali mengalami keguguran, namun pada 2001, ditemukan anatomi tubuhnya menjadi alasan mengapa Karta susah untuk menyusui.

"Saudara betina Karta di Kebun Binatang Denver (AS) mengalami masalah yang sama, dimana para pengasuh di sana harus memberikan tambahan makanan bagi bayinya untuk bisa bertahan hidup," kata Ellen.

"Kami akan melakukan segala hal untuk membantu Karta, kami sudah berlatih selama bertahun-tahun, dan kami memiliki program tambahan makanan yang akan bisa membantu bayinya bila memang dia melahirkan," katanya.

Ellen mengatakan akan ada tim yang memantau primata tersebut selama 24 jam penuh ketika Karta melahirkan.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/orang-utan-hamil-meski-gunakan-pil-kb/8103082
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement