Rabu 11 Jan 2017 18:14 WIB

Serunya Mandi Bola di Sydney Festival 2017

Direktur Artistik, Wesley Enoch mengatakan berenang di lautan bola sangat menyenangkan.
Foto: ABC
Direktur Artistik, Wesley Enoch mengatakan berenang di lautan bola sangat menyenangkan.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Para pengunjung event Sydney Festival dapat menceburkan diri dan berenang di lautan 1,1 juta bola plastik berisi udara atau area duduk dengan kursi dan pasir sintetis yang digunakan untuk menciptakan situasi pantai khas untuk event ini.

Penyelenggara event yang diberi judul "The Beach at the Cutaway”, yang telah disiapkan di Barangaroo Reserve, berharap area yang dipenuhi bola plastik seukuran bola kriket ini akan memberi publik kesenangan yang sama dengan berenang di pantai-pantai ikonik di Kota Sydney, tanpa deburan ombak, ikan hiu atau ubur-ubur berwarna biru.

Direktur festival ini, Welsey Encoch mengatakan tujuan dari pameran ini sederhana saja. "Tujuan pameran ini semata untuk bersenang-senang, menghabiskan waktu di pantai yang berbeda,” katanya.

Lautan bola berdiameter 60 M x 23 M ini dikeliling karpet ‘pasir’ putih sintetis yang sama dengan halaman sintetis. Payung-payung dan ‘penjaga pantai’ juga ditampilkan dalam event pantai ini.

Festival Sydney2
Ini pertama kalinya konsep ini ditampilkan di luar AS. ABC News: Sarah Hawke

Meski festival ini memang menyenangkan, tapi bola-bola itu sendiri telah didatangkan dari AS, yang sempat melalui perjalanan yang tidak mudah. "Bawalah serta anak-anak bersama dengan anda, kita semua senang bermain mandi bola,” kata Encoch.

"Kita semua suka bersenang-senang dan kita semua menyukai sedikit gerakan aerobik ketika bergerak melalui bola-bola itu.”

Salah seorang warga Sydney, Fion Yau merupakan salah satu orang pertama yang menyelam ke lautan bola dan dia mengaku pengalaman ini lebih baik dari yang dia perkirakan. "Senang sekali punya pantai yang bersih, seperti ini,” katanya.

Ini merupakan pertama kalinya konsep seperti ini ditampilkan di luar Amerika Serikat. Gagasan ini awalnya dibentuk komisinya pada 2015 oleh Museum Bangunan Bersejarang Nasional di Washington, ketika bola-bola ini disumbangkan dari para seniman dan organisasi lainnya.

Bola-bola plastik untuk Festival Sydney ini didonasikan oleh Vinik Family Foundation di Tampa, Florida, dimana mereka juga ditampilkan di event-event lain.

Stuart Ayres
Bahkan Menteri Pariwisata dan Menteri Event Utama Stuart Ayres tidak tahan ingin berenang di lautan bola.

Studio rancang berbasis di New York, Snarkitecture menciptakan ulang konsep pantai ini bagi Festival Sydney setelah bola-bola plastik ini dikapalkan ke Australia dalam tujuh kontainer. Saat ini pengerjaan masih terus berlangsung untuk mencari rumah baru bagi bola-bola ini usai penyelenggaraan festival ini dimana negosiasi masih berlangsung antara penyelenggara festival dan perusahaan daur ulang bola plastik.

"Mereka dapat digunakan dalam apa saja mulai dari lantai kayu plastik, genteng atau tong sampah,” kata produser acara terbuka untuk Festival, Vernon Guest.

Pameran ‘The Beach’ terbuka untuk umum pada Festival Sydney yang berlangsung dari 7-29 Januari 2017.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/wisata-nad-budaya/sydney-festival-hadirkan-lautan-bola/8174544
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement