Selasa 28 Feb 2017 13:43 WIB

Dua Jet Tempur F-35 Akhirnya Tiba di Australia

Jet tempur Joint Strike Fighter F-35A buatan Lockheed Martin di lokasi yang tak disebutkan namanya.
Foto: ABC
Jet tempur Joint Strike Fighter F-35A buatan Lockheed Martin di lokasi yang tak disebutkan namanya.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Setelah bertahun-tahun mengalami penundaan dan pembengkakan biaya, jet tempur Joint Strike Fighter akhirnya telah tiba di Australia untuk pertama kalinya.

Tepat sebelum pukul 17.00 sore, Senin (27/2), Royal Australian Air Force (RAAF) mendaratkan dua pesawat tempur F-35 di pangkalan udara Amberley Air Force Base di luar Brisbane, setelah menerbangkan jet tempur generasi kelima ini dari negara asalnya di Amerika Serikat.

Kedua jet itu ditempatkan di pangkalan Luke Air Force Base, dimana empat pilot RAAF dilatih untuk menerbangkan pesawat canggih ini. Kehadiran jet ini di Australia terwujud 15 tahun setelah pengumuman Pemerintah Federal bahwa Australia akan berpartisipasi dalam "fase pengembangan sistem dan demonstrasi" dari program Lockheed Martin Joint Strike Fighter yang dipimpin AS.

Akhir pekan ini F-35 tersebut akan dipamerkan ke publik dalam pameran Avalon Air Show di Victoria. Perdana Menteri Malcolm Turnbull dan Menteri Pertahanan Marise Payne diperkirakan hadir.

Awal bulan ini Menteri Payne kepada ABC menjelaskan kedatangan pesawat tempur ini akan bisa mengirim pesan penting bagi mereka yang mengeritiknya.

"Saya pikir ini langkah penting dan saya kira (pameran di) Avalon adalah saat yang tepat untuk melakukannya," kata Menteri Payne yang juga seorang senator.

"Saya tahu Angkatan Udara sangat senang mendapat kesempatan ini. Saya harap ada peluang bagi mereka yang selama ini telah mengikuti cerita ini benar-benar bisa melihatnya di benua kita sendiri," katanya.

Pemerintah Federal mempersiapkan dana hingga 17 miliar dolar AS (setara Rp 170 triliun) untuk mendatangkan 72 pesawat F-35, yang diharapkan akan dikirim ke Australia pada 2018 dan mulai diterjunkan pada 2020.

Diterbitkan Pukul 11: 00 AEST 28 Februari 2017 oleh Farid M. Ibrahim dari berita berbahasa Inggris.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/jet-tempur-f-35-mendarat-di-australia-untuk-pertama-kali/8310010
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement