Selasa 28 Mar 2017 16:26 WIB

Melbourne Masuk 10 Pusat Pengetahuan Terbaik di Dunia

Rep: Pemerintah Victoria/ Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Melbourne telah dinobatkan masuk dalam 10 pusat pengetahuan perguruan tinggi terbaik di dunia.

Martin Prosperity Institute (MPI) Universitas Toronto sudah masuk dalam peta lokasi 500 universitas ternama di dunia berdasarkan Peringkat Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) tahun 2016 - 2017.

Melbourne sejajar dengan New York dan Cambridge Massachusetts, di peringkat keempat, dimana masing-masing memiliki 7 dari 500 perguruan tinggi terbaik dunia yang masuk dalam daftar THE.

Sydney memiliki lima perguruan tinggi dalam daftar THE dan sejajar dengan Chicago, Stockholm, Tokyo dan Washington DC di posisi ke-6.

MPI mendapati kalau ekonomi dunia meningkat karena ditenagai oleh inovasi dan pengetahuan dan universitas terbaik merupakan sumber utama dari keduanya, dengan berfungsi sebagai katalis dari ekonomi pengetahuan.

Melbourne merupakan pusat bagi riset kedokteran dan bioteknologi, dengan memiliki 13 institut riset kedokteran independen berbasis di kota ini dan setiap tahunnya dana sebesar $AU2 Miliar hingga $AU4 miliar dihabiskan untuk melakukan penelitian ilmiah dibidang kedokteran.

Sejumlah proyek infrastruktur dalam jumlah besar di bagian utara Kota Melbourne juga akan memperkuat reputasi kota ini sebagai hub pengetahuan global.

Students at Melbourne University
Mahasiswa di Melbourne University.

Supplied: The Victorian Government

Pusat Kanker Komprehensif Victoria (VCCC) di Parkville yang baru saja dirampungkan pembangunannya menelan dana $AU 1 miliar, dan terletak persis di sebelah Royal Melbourne Hospital dan Walter Eliza Hall Instutute of Medical Research, akan diintegrasikan ke dalam proyek Melbourne Metro Tunnel oleh Pemerintah Negara Bagian Victoria.

Proyek yang akan dirampungkan pada tahun 2026 ini akan menyajikan pemandangan terowongan kereta bawah tanah dibangun dari wilayah di St Kilda Road menuju ke pusat kota dan kawasan utara Melbourne melalui Parkville. Proyek ini diharapkan akan dapat memperbaiki produktivitas ekonomi terutama di sekitar University of Melbourne dan RMIT.

Melbourne juga diproyeksikan akan mengambil posisi Sydney sebagai kota paling padat penduduknya di Australia pada tahun-tahun mendatang dimana lebih dari 6.000 orang diperkirakan akan pindak ke persimpangan pendidikan dan pengetahuan yang terus berkembang ini pada tahun 2040.

Kawasan-kawasan metropolitan terbaik dengan sejumlah universitas ternama di dunia adalah London (15), Paris (12) dan Seoul (8).

Artikel ini diproduksi oleh Pemerintah Negara Bagian Victoria.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement