Kamis , 20 April 2017, 06:03 WIB

Alasan Visa Kerja 457 di Australia Dihapus

Red: Ani Nursalikah
ABC
Salah satu kelengkapan dokumen visa 457 visa.
Salah satu kelengkapan dokumen visa 457 visa.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Setelah dua dekade dan puluhan ribu visa kerja jenis 457 yang dikeluarkan, pemerintah Australia memutuskan untuk menghapuskannya. Program visa kerja di Australia diperkenalkan di pemerintahan PM John Howard pada 1996.

Visa empat tahun memperbolehkan pekerja asing untuk mengisi lowongan pekerjaan di Australia, dengan lebih dari 650 jenis pekerjaan, termasuk sektor yang mengalami kelebihan pasokan tenaga kerja. Pemegang visa juga bisa membawa anggota keluarga ke Australia dengan visa sekunder 457.

Apa yang berubah?

Pemerintah menghapus visa kerja kategori 457 dan menggantinya dengan dua jenis visa baru. Jenis visa yang pertama memperbolehkan bekerja di Australia selama dua tahun, yang dapat diperpanjang selama dua tahun. Jenis lainnya adalah visa yang berlaku selama empat tahun sekaligus, ditargetkan bagi mereka dengan keterampilan tingkat tinggi.

Syarat kedua visa ini setidaknya dua tahun pengalaman kerja di bidang yang relevan. Syarat ini tidak diperlukan sebelumnya di bawah visa kategori 457. Sementara visa kerja yang baru untuk empat tahun membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris yang lebih tinggi.

Mereka yang mendaftar jenis visa baru ini juga nantinya harus melewati pengecekan kriminal, bukan dengan melampirkan surat deklarasi yang dibuat sendiri seperti syarat visa 457 sebelumnya.

Ada juga perubahan untuk dapat tinggal secara permanen di Australia lewat skema baru. Sebelumnya, pemegang visa 457 bisa memenuhi syarat untuk tinggal permanen di Australia setelah dua tahun.

Dibawa jenis visa kerja baru yang berlaku dua tahun, tidak ada jalur untuk menjadi penduduk tetap Australia. Sementara, bagi pemegang visa empat tahun mungkin dapat menjadi penduduk tetap Australia setelah tiga tahun.

Siapa yang akan terpengaruh?

Lebih dari 200 pekerjaan telah dihapus dari daftar pekerjaan, yang mana pada visa 457 sebelumnya pekerja asing dapat mendaftar. Daftar yang sebelumnya memiliki daftar 650 pekerjaan baru, tidak lagi termasuk beberapa profesi, seperti manajer call centre, pencukur bulu domba, atau aktor.

Berikut daftar lengkap pekerjaan yang ingin dihapus Pemerintah Australia bisa dibaca di sini. Sementara daftar sebelumnya dapat dibaca di sini.

Perubahan tidak akan mempengaruhi para pemegang visa 457 saat ini.

Mengapa visa 457 dihapus?

Pemerintah Australia telah berbicara soal meninjau kembali visa kerja jenis 457 selama beberapa bulan, dan mulai melakukan tindakan keras pada bulan September lalu. Sementara pihak oposisi juga telah menyerukan pembatasan skema.

Tapi tindakan nyata dari pemerintah tidak terlihat terbuka, hingga diumumkan, Selasa (18/4). Partai Buruh mengatakan Perdana Menteri Malcolm Turnbull, telah tergesa-gesa mengambil keputusan untuk "menyelamatkan pekerjaannya", sementara Partai Hijau menuduh Pihak Koalisi mencoba mengakomodir tuntutan para pemilih partai One Nation.

Baik pemimpin One Nation, Senator Pauline Hanson dan Senator Cory Bernardi dari Partai Liberal telah mengklaim perubahan tersebut karena partainya, tapi PM Turnbull menyatakan hal ini adalah "keputusan pemerintah".

Mereka yang berpendapat untuk ada tindakan nyata soal visa 457 adalah George Christensen. Ia telah berulang kali mengancam pihak Koalisi bahwa dirinya akan meninggalkan partai. Langkah ini dapat dilihat sebagai kehilangan suara mayoritas bagi pihak Koalisi di Senat.

Tapi PM Turnbull membantah kebijakan tersebut sebagai hasil tekanan dari kaum konservatif di dalam partai. Kepada stasiun radio Sydney, 2GB PM Turnbull mengatakan ini bukan tentang politik, ini tentang kebijakan.

Keputusan Pemerintahan PM Turnbull juga bertepatan dengan tindakan yang dilakukan Presiden AS Donald Trump soal pekerja asing, yang sebelumnya menyerukan agar skema tersebut dihapuskan.

Diterbitkan oleh Erwin Renaldi pada 19/04/2017 pukul 13:43 AEST dari artikel berbahasa Inggris, yang bisa dibaca di sini.

Sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/alasan-visa-kerja-australia-dihapus/8453688

Berita Terkait