Sabtu 22 Apr 2017 09:00 WIB

3.000 Sapi Australia Barat Dikirim ke Indonesia

Kapal Bison Express siap untuk mengirim ternak dari Pelabuhan Wyndham, Australia Barat.
Foto: ABC
Kapal Bison Express siap untuk mengirim ternak dari Pelabuhan Wyndham, Australia Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KIMBERLEY -- Pelabuhan Wyndham di utara Australia Barat telah mengirim kapal ternak pertama mereka tahun ini berisi sekitar 3.000 ternak dikirim ke Indonesia pada Kamis (20/4).

Kapal Bison Express dipenuhi dengan ternak yang berasal dari sejumlah peternakan di Kimberley Timur dan Distrik Victoria River, Australia Barat. Steve Forrest dari Pelabuhan Wyndham mengatakan, ia senang melihat musim ekspor ternak dimulai.

Ia menjelaskan, tak seperti Broome dan Darwin, arus perdagangan di Wyndham sangat lambat selama 12 bulan terakhir dan diharapkan akan membaik. "Kami mengalami tahun keuangan yang benar-benar buruk untuk ekspor ternak hidup, hanya mengirim sekitar 9.000 ternak [pada periode 2016/17]," sebutnya.

Ia menerangkan, "Tahun sebelumnya, kami mengekspor 30 ribu ternak dan di masa jaya kami mengirim hingga 80 ribu ternak. Jadi saya pastinya berharap tahun ini akan lebih baik. Kami punya banyak kapasitas dan kami siap untuk peningkatan ekspor," tutur Steve Forrest.

Pengiriman ternak tersebut menandai dimulainya musim ekspor ternak hidup di wilayah Kimberley, Australia Barat. Kapal lainnya akan berangkat dari wilayah Broome minggu depan.

Kapal Bison Express
Kapal Bison Express di Pelabuhan Wyndham, Australia Barat.

ABC Rural: Matt Brann

Catherine Marriott dari Asosiasi Peternak Pilbara di Kimberley mengatakan, tahun ini merupakan musim yang baik bagi produsen daging sapi di wilayah utara Australia.

"Sangat menyenangkan melihat kapal pertama di musim ekspor Kimberley diberangkatkan, kami mengalami musim hujan yang bagus, harga terlihat bagus, pasar terlihat bagus dan ternak dalam kondisi prima," ungkapnya.

Ia menyambung "Sangat positif bahwa Indonesia telah meningkatkan batas berat rata-rata ekspor [menjadi 450 kilogram], yang memungkinkan produsen Kimberley untuk terus memanfaatkan musim ini."

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterbitkan: 19:30 WIB 20/04/2017 oleh Nurina Savitri.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/pelabuhan-di-australia-barat-ini-kirimkan-ekspor-ternak-pertama/8459460
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement