Kamis 27 Apr 2017 05:07 WIB

Rp 10 Triliun Uang tidak Diklaim Pemiliknya di Australia

Dolar Australia (ilustrasi)
Foto: IST
Dolar Australia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Di Australia, ada uang senilai lebih dari satu miliar dolar AS atau sekitar Rp 10 triliun, yang terbengkalai dan tidak diklaim pemiliknya. Jumlah uang ini berada di rekening bank yang terlupakan, polis asuransi jiwa, saham dan investasi yang siap diambil.

Australian Securities and Investments Commission(ASIC), komisi yang mengatur investasi di Australia, mengatakan ada lebih dari satu juta rekening uang yang tidak diklaim. Jumlahnya bervariasi dari beberapa hingga ratusan ribu dolar.

"Ini adalah akun yang biasanya belum diakses atau diaktifkan selama tujuh tahun, sehingga dianggap tidak aktif," kata Miles Larbey dari lembaga Moneysmart milik ASIC.

"Jadi, uang itu ditransfer ke Commonwealth, dimana uang tersebut disimpan aman atas nama konsumen Australia dan mereka dapat mencarinya setiap saat."

ASIC mengatakan warga mungkin memiliki uang yang tidak diklaim, jika mereka pindah rumah tanpa memberitahu bank atau institusi, sudah tidak melakukan transaksi bank selama tujuh tahun, berhenti membayar asuransi jiwa, adanya penghentian pembayaran dividen atau bunga, atau berasal dari harta warisan.

Negara bagian New South Wales memiliki jumlah uang yang tidak diklaim paling banyak, dengan jumlahnya mencapai 380 juta dolar Australia atau sekitar Rp 3,8 triliun, termasuk 319 juta dolar Australia atau sekitar Rp 3,1 triliun di Sydney.

Negara bagian Victoria berada diposisi kedua dengan 170 juta olar Australia atau sekitar Rp 1,7 triliun. Di Queensland ada sekitar 112 juta olar Australia atau sekitar Rp 1,2 triliun dan 75 juta olar Australia atau sekitar Rp 750 miliar di Australia Barat.

ASIC mengatakan jumlah tersebut bisa dengan mudah didapatkan kembali oleh pemiliknya yang sah, melalui internet. Di tahun 2016, lebih dari RP 870 miliar telah dibayarkan kepada lebih dari 16 ribu orang.

Diterbitkan oleh Erwin Renaldi pada 26/04/2017 pukul 15:02 AEST, dari artikel dalam bahasa Inggris, bisa dibaca di sini.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/ada-triliunan-rupiah-uang-yang-tak-diklaim-pemiliknya/8473270
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement