Kamis 29 Jun 2017 09:01 WIB

Merekam Ketangguhan Penakluk Api Australia di Garis Depan

Pemadam kebakaran di pedesaan Australia harus bekerja begitu dekat dengan api.
Foto: ABC/Cam Neville
Pemadam kebakaran di pedesaan Australia harus bekerja begitu dekat dengan api.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Pernahkah Anda membayangkan kondisi ekstrem yang dialami oleh relawan pemadam kebakaran di garis depan?

Cam Neville mulai mendokumentasikan pekerjaan Guanaba Rural Fire Brigade di daerah di negara bagian Queensland (Australia) pada 2013. Seri foto yang menakjubkan, berjudul "Into The Fire", adalah finalis pada Moran Contemporary Photographic Prize dan sejak saat itu tersebar ke seluruh dunia.

A rural fire fighter walks towards headlights on a highway in south-east Queensland.
Seorang pemadam kebakaran berjalan menuju cahaya lampu mobil di jalan raya di tenggara Queensland. Supplied: Cam Neville

Neville mengatakan ia tidak punya rencana untuk menjadi relawan, tapi kemudian ia segera menyadari untuk merekam kisah para pemadam kebakaran, ia perlu menjadi salah satu dari mereka. "Saya perlu untuk lebih dekat dimana kejadian berlangsung untuk menyampaikan betapa berbahaya ini dan apa yang mereka kerjakan ... Saya harus menjadi yang di garis depan.

Two fire fighters checking a raging fire.
Pemadam kebakaran di pedalaman sering harus berdiri dan menunggu sampai api bergerak ke arah yang tepat. Supplied: Cam Neville

"Foto-foto yang Anda lihat sekarang adalah hasil akhir dari sebuah perjalanan panjang," katanya.

Neville mengatakan tujuannya untuk menyampaikan ketangguhan para relawan — pergi dari kehidupan sehari-hari mereka untuk menjadi pemadam kebakaran dalam sekedipan mata.

Rural fire fighters plan their next move away from the fire scene.
Kerja tim dan perencanaan yang bagus penting agar berhasil memadamkan api. Supplied: Cam Neville

"Para laki-laki dan perempuan yang menaklukkan api tidak berbeda dengan Anda dan saya," kata dia.

"Itu yang mengasyikkan buat saya, kisah-kisah pribadi orang biasa melakukan hal yang sangat luar biasa. Ada sebuah sensasi dan kebisingan, tapi saya pikir berada di sana dan menjadi salah satu dari orang-orang ini ... ini hanyalah peristiwa kecil dalam waktu dari apa yang orang-orang ini lakukan," ujarnya.

Firefighter uses a starter for a controlled burn.
Mendekati api adalah salah satu bagian terberat dari pekerjaan. Supplied: Cam Neville

Neville memulai proyeknya menggunakan kamera DSLR besar tapi ia segera menyadari peralatannya tidak praktis dan kemudian lebih banyak mengandalkan kamera kompak. Ia mengatakan merekam kisah ini dan kenangan di balik mengambil setiap foto juga sangat penting baginya.

"Malam pertama saya berada di sana saya mendatangi kebakaran yang bermula di Hell Fire Pass dan saya ingat melihat garis merah sepanjang bukit," kenang Neville.

A group of rural firefighters decided their next move.
Pekerjaan memadamkan api sering harus berlangsung sampai malam hari. Supplied: Cam Neville

"Saya ingat ketika itu merasa sangat takut, yang saya kira bukan pertanda bagus, tapi saya besar di Inggris dan saya tidak biasa melihat api seperti itu. Lain waktu seorang relawan dan saya berada di dalam sebuah truk menuruni bukit dan truk mulai berguling. Tiga roda terangkat dari tanah dan kami berdua berpikir kami akan berakhir di bawah jurang ... menakutkan tapi kami keluar dari situ," ucapnya.

Rural firefighters are sent out to mark the fire line ahead of fire.
Pemadam kebakaran diterjunkan untuk membuat tanda garis api. Supplied: Cam Neville

Neville mengatakan mengamati reaksi dari rekan pemadam kebakaran melihat foto-fotonya juga sangat luar biasa. "Begitu banyak emosi ketika relawan lain saya tunjukkan fotonya ... dari sisi saya maupun mereka.

"Saya diberitahu orang kalau melihat foto-fotonya mereka merasakan panasnya seperti mereka berada di sana."

Para relawan pemadam api sering menghabiskan waktu memantau pembakaran yang dilakukan secara terencana
Para relawan pemadam api sering menghabiskan waktu memantau pembakaran yang dilakukan secara terencana. Supplied: Cam Neville

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/wisata-nad-budaya/ketangguhan-pemadam-kebakaran-di-garis-depan/8659378
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement