Kamis , 07 September 2017, 13:24 WIB

Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Inggris

Rep: Shivali Nayak, ABC Education/ Red: Budi Raharjo
ABc News
Belajar bahasa Inggris (ilustrasi)
Belajar bahasa Inggris (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,Bagaimana saya bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah? Bagaimana saya bisa berlatih bahasa Inggris saat saya tidak mengenal penutur bahasa Inggris lainnya?

Akankah aksen saya mempengaruhi nilai saya dalam tes bahasa Inggris? Inilah beberapa pertanyaan dari Learn English community selama berlangsungnya ‘sesi siaran langsung’ tentang bagaimana memperbaiki kemampuan kita berbicara dalam Bahasa Inggris.

Kami berbicara dengan guru warga Australia Gwendolen (Gwen) Warnick dari Universitas RMIT untuk mendapatkan beberapa jawaban.

Bagaimana saya dapat berbicara dalam Bahasa Inggris dengan mudah?

Gwen menyarankan untuk memiliki harapan yang realistis tentang kemampuan komunikasi Anda. Dia merekomendasikan mahasiswa untuk memulai dengan topik yang mereka minati.

"Jika Anda menyukai buku, pergi ke perpustakaan setempat, ambil beberapa buku, ada ribuan dan ribuan [website] dengan teks bacaan."

Bagaimana saya bisa berlatih ketika di negara saya tidak ada penutur bahasa Inggris asli?

Bagi mereka yang merasa mereka tidak akan pernah belajar bahasa Inggris karena mereka bukan berasal dari negara berbahasa Inggris, ada beberapa kabar baik.

"Dengan bahasa, ini benar-benar tentang penggunaan bahasa itu dan memberi otak Anda banyak kesempatan untuk terlibat dengan bahasa itu dengan cara yang berbeda," kata Gwen.

"Tidak masalah dengan siapa anda berbicara, tidak masalah apakah itu bayi dengan bahasa yang sulit dimengerti atau seseorang dengan bahasa Inggris yang parah. Bahkan hanya dengan berpikir dalam bahasa Inggris saja maka itu dapat memperbaiki bahasa Inggris Anda."

"Jika Anda sedang membaca sesuatu atau mendengarkan sesuatu, mungkin Anda tidak berbicara bahasa Inggris saat itu tapi Anda dapat mendengarkan sesuatu atau membaca sesuatu dan kemudian meringkasnya kemudian. Atau ceritakan kembali kisah itu sesudahnya. Atau buatlah kalimat dengan kata-kata yang Anda pelajari sesudahnya. "

Gwen mengatakan bahwa pembelajar Bahasa Inggris harus memikirkan cara bagaimana mereka dapat melakukan keterampilan yang berbeda dan bagaimana mereka bisa membicarakan mengenai hal-hal yang berbeda di sekitar mereka. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan

Duduklah di sebuah ruangan dan jelaskan ruangan tempat Anda berada
Buat percakapan peran bergantian jadi mainkan boneka tangan kecil dan buatlah karakter
Lihatlah naskah film yang tersedia secara online, dengarkan karakternya dan tiru mereka
Menonton acara TV dan dengarkan percakapan didalamnya. Stop dan ucapkan kembali kalimat tersebut

Gwen mengatakan "tidak apa-apa jika Anda membuat kesalahan dan tidak apa-apa jika Anda tidak mengerti." Saya tidak selalu bisa memahami orang, dan saya adalah pembicara bahasa Inggris yang sangat baik."

Apakah aksen saya berarti?

Banyak pembelajar Bahasa Inggris yang mungkin bercita-cita untuk berbicara seperti penutur asli dan sering bertanya apakah mereka harus memiliki aksen Australia, Inggris atau Amerika. Gwen mengatakan aksen Anda tidak masalah dan hanya karena seseorang adalah penutur asli, itu tidak berarti bahasa mereka bagus dalam bahasa Inggris.

"Anda bisa memilih aksen yang Anda inginkan, tidak ada yang dianggap lebih baik, tidak satu pun dari mereka akan memberi Anda nilai yang lebih baik dalam ujian," katanya.

"Dalam sebuah ujian, mereka ingin tahu apa yang Anda katakan, mereka ingin mengerti Anda, itu berasal dari kemampuan berbicara dengan jelas [bukan aksen anda]."

"Dalam bahasa Inggris, itu berasal dari penekanan atau intonasi, jadi intonasi kalimat atau tekanan kata dalam satu kata. Itu adalah sesuatu yang Anda butuhkan untuk dapat menggunakan cara yang digunakan oleh kebanyakan orang tapi itu tidak mencakup aksen," kata Gwen.

Learn English Hacks adalah serial Live Facebook yang menampilkan guru Australia di mana mereka mendiskusikan tantangan yang dihadapi peserta didik dan cara mengatasinya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi halaman Learn English Facebook page.

Sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/belajar-bahasa-inggris/bagaimana-meningkatkan-kemampuan-berbicara-dalam-bahasa-inggris/8879878