Selasa 09 Jul 2013 08:12 WIB

Setop Pembasmian Kanguru Australia!

Red:
Kanguru
Kanguru

CANBERRA -- Kelompok pembela hak hewan hari ini (9/7) akan meminta pemerintah menghentikan pembasmian permanen atas hampir 1,500 kanguru di wilayah Australian Capital Territory.

Pemerintah wilayah ibu kota Australia tersebut merencanakan pembasmian 1,455 kanguru abu-abu di tujuh cagar alam pada musim dingin tahun ini. Ahli ekologi pemerintah mengatakan pembasmian ini diperlukan untuk melindungi hewan-hewan lain yang terancam apabila jumlah kanguru yang terlalu banyak menyebabkan kerusakan padang rumput dan hutan.

Tapi dua kelompok pelindung hewan, Animal Liberation ACT dan Australian Society for Kangaroos, mengatakan alasan pembasmian ini perlu dibuktikan secara ilmiah. Bulan lalu, mereka berhasil membuat pemerintah negara bagian melakukan penghentian sementara, dan kini akan meminta kepada Pengadilan Sipil dan Administratif di ACT untuk membuat penghentian ini permanen. 

Apabila pembasmian ini dilakukan, harus dilakukan sebelum akhir Juli untuk mencegah joey atau anak kanguru mati kelaparan. Bahkan apabila Pemerintah berhasil menjalankan pembasmian ini, kecil kemungkinannya bahwa target awal akan bisa tercapai. 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement