Rabu 13 Sep 2017 20:38 WIB

Peneliti Australia Berhasil Temukan Penyebab Keguguran

Rep: Rebecca Armitage/ Red:
abc news
abc news

Inilah salah satu hal paling buruk dalam kehamilan - bayi tumbuh di dalam rahim ibunya tiba-tiba meninggal seringkali tanpa bisa dijelaskan. Di Australia misalnya, sekitar satu dari 100 kehamilan berakhir dengan kematian janin.

Namun Professor Roger Smith AM, seorang peneliti dari Hunter Medical Research Institute (HMRI) telah membuat terobosan besar dalam memahami misteri keguguran. Dia bersama timnya kini mengembangkan tes yang bisa memperingatkan ahli kandungan bila kondisi bayi dalam bahaya besar.

"Hal ini jelas proyek paling menarik yang pernah saya ikuti selama ini mengingat potensinya dalam mempengaruhi kehidupan masyarakat di seluruh dunia," kata Prof. Smith.

Dia timnya telah menemukan bahwa banyak kejadian keguguran dipicu oleh kondisi plasenta yang memburuk. "Dengan melihat ke semua orang yang Anda kenal di sekeliling kita, akan terlihat bahwa mereka menua pada tingkat yang berbeda," katanya.

"Hal itu hampir sama dengan plasenta. Beberapa plasenta menua lebih cepat dibandingkan yang lainnya," jelas Prof Smith.

Baca Juga:

Pecahkan Misteri Pola Awan dan Angin, Ilmuwan Australia Raih Hadiah Kyoto 2017

Peneliti Australia Ciptakan Tisu Jantung Manusia yang Berdetak

Pemantauan plasenta

Plasenta merupakan organ vital yang menghubungkan bayi yang sedang tumbuh dengan ibunya melalui tali pusar.

Prof. Smith percaya bahwa ada plasenta yang mulai menua beberapa minggu sebelum waktu melahirkan, perlahan-lahan membuat janin kekurangan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkannya untuk bertahan hidup.

"Jika plasenta bisa bekerja, kadar oksigen pada bayi menurun, dan jika turun cukup rendah, bayinya akan mati," jelas Prof Smith.

Plasenta yang memburuk memengeluarkan enzim yang disebut aldehyde oxidase.

Prof Smith berharap untuk mengembangkan tes dalam tiga sampai lima tahun ke depan. Hasilnya diharapkan akan bisa menjadi mengingatkan dokter untuk meningkatkan tingkat enzim dalam aliran darah seorang ibu hamil.

An artist's impression of aldehyde oxidase attacking healthy placenta cells
Professor Roger Smith menjelaskan sel plasenta yang sehat dirusak oleh enzim yang disebut aldehyde oxidase

Supplied: Hunter Medical Research Institute

"Mungkin saja kami bisa mengembangkan tes diagnostik dalam darah ibu hamil adanya tanda-tanda penuaan plasenta. Dan dengan begitu meramalkan kejadian yang menghancurkan ini, sehingga dokter kandungan dapat melakukan operasi caesar dan mengeluarkan bayi sebelum bayi tersebut meninggal," katanya.

Namun, bayi hanya memiliki kesempatan bertahan hidup di luar rahim ibunya setelah mencapai 27 minggu masa kehamilan.

"Jika janin bayi terlalu muda untuk dilahirkan, kita mungkin bisa memberinya obat yang menghambat enzim tersebut untuk memperlambat penuaan plasenta. Dan memungkinkan bayinya bertahan dalam rahim sampai kemungkinan besar selamat saat dia lahir," kata Prof. Smith.

Memperpanjang umur manusia

Aldehyde oxidase merupakan enzim bertanggung jawab terhadap tanda-tanda penuaan pada tubuh manusia, termasuk plasenta.

Jika tim peneliti Prof Smith dapat mengetahui bagaimana cara mengendalikan kehadiran enzim ini di dalam tubuh, kemungkinan medisnya bisa tak terbatas.

"Ada kemungkinan bahwa jika kita mengembangkan cara berbeda untuk menghentikan enzim ini bekerja dan menyebabkan kerusakan, hal itu dapat membuat tingkat penuaan lebih rendah di jaringan lain dan bahkan kemungkinan pertambahan usia yang sehat," kata Prof. Smith.

Namun, prioritas utama baginya adalah mengurangi jumlah keguguran yang dialami wanita hamil di Australia. "Saya pikir sangat penting agar ibu hamil yang keguguran untuk mengetahui bahwa hal itu bukan kesalahan mereka," katanya.

"Ini adalah sesuatu yang terjadi pada plasenta. Mereka hanya bisa memiliki sedikit kendali terhadapnya," jelasnya.

"Tidak ada yang bisa mereka lakukan untuk mencegahnya. Jadi mereka seharusnya tidak merasa bersalah," papar Prof. Smith.

Penelitiannya akan dipublikasikan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology bulan November mendatang.

Diterbitkan Rabu 13 September 2017 oleh Farid M. Ibrahim dari artikel ABC Australia di sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement