Selasa 26 Feb 2013 06:22 WIB

Sekolah Katolik AS Diguncang Skandal Seks

Rep: Nur Aini/ Red: A.Syalaby Ichsan
 Sekolah Katolik John F Kennedy
Foto: twitter
Sekolah Katolik John F Kennedy

REPUBLIKA.CO.ID, OHIO -- Puluhan warga Amerika Serikat mengaku telah menjadi korban kekerasan seksual yang dilakukan pendeta katolik. Sekitar 50 orang menyatakan telah dianiaya di Sekolah Katolik di Pennsylvania, Michigan, dan Ohio.

Kekerasan itu terjadi pada periode 1982 sampai 2007 yang dilakukan oleh Biarawan  Fransiskan Brother Stephen Baker. Dia telah meminta maaf dalam sebuah catatan sebelum menikam dirinya sendiri sampai mati pada 26 Januari.

Kematian Baker datang setelah 11 laki-laki menuduhnya melakukan kekerasan seksual. Baker dituduh melakukan kekerasan itu saat menjadi guru dan pelatih di sekolah tinggi katolik John F. Kennedy di Warren Ohio, dari 1986-1990.

PressTV melaporkan Gereja Katolik Roma diguncang sejumlah skandal di AS dan Eropa selama beberapa tahun terakhir. Skandal tersebut termasuk penutupan kekerasan seksual pada anak-anak oleh pendeta. Mereka melindungi pedofil dan reputasi gereja.

Kabar mengejutkan baru-baru ini datang dari Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri dari jabatannya untuk pertama kali dalam sejarah modern Gereja Katolik. Dia akan resmi mundur pada 28 Februari. Dalam sebuah laporan, Paus mundur karena mengetahui adanya skandal seks dan korupsi di Vatikan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement