Ahad 05 Jun 2011 09:53 WIB

Demi Kepentingan Bisnis, Waktu di Samoa Dimajukan 24 Jam Lebih Awal

Waktu di Samoa dimajukan 24 jam lebih cepat.
Foto: www.mirror.co.uk
Waktu di Samoa dimajukan 24 jam lebih cepat.

REPUBLIKA.CO.ID,APIA - Waktu di Samoa akan dimajukan satu hari dalam upaya untuk meningkatkan ekonominya. Hari ini yang semula misalnya Hari Jumat kini dimajukan menjadi Hari Kamis hingga seterusnya.

Negara pulau Pasifik itu akan beralih ke sisi barat garis tanggal internasional. Dengan meloncat satu hari lebih cepat, maka waktu di Samoa kini akan sama dengan waktu di negara tetangganya seperti Australia, Selandia Baru dan timur Asia termasuk Indonesia.

Keputusan tersebut menggantikan keputusan yang dibuat pada 119 tahun lalu. Samoa saat itu memilih  sisi timur garis tanggal internasional sehingga waktu di Samoa lebih lama satu hari dari tetangga di sebelah barat wilayahnya. Garis tanggal internasional secara kasar membentang dari utara ke selatan menuruni Pasifik dan memisahkan hari kalender.

Sisi timur garis tanggal internasional tersebut menempatkan Samoa sehari di belakang waktu Australia. Itu membuat Samoa lebih mudah untuk perdagangan dengan Amerika karena waktunya sama. Tetapi, mereka kesulitan ketikan melakukan perdagangan dengan Australia, Selandia Baru dan negara timur Asia karena waktu di Samoa satu hari lebih lambat.

Menjelaskan saklar terbaru, perdana menteri Samoa's, Tuilaepa Sailele Malielegaoi, mengatakan: "Dalam melakukan bisnis dengan Selandia Baru dan Australia, kami kehilangan dua hari kerja dalam seminggu,’’ kata perdana menteri Samoa, Tuilaepa Sailele Malielegaoi. ‘’Ketika hari Jumat di sini, itu hari Sabtu di Selandia Baru sehingga mereka libur. Ketika kita di gereja pada hari Minggu, mereka sudah melakukan bisnis di Sydney dan Brisbane."

Pemerintah sedang mempertimbangkan untuk memulai rencana tersebut pada 31 Desember 2011. Samoa akan melangsungkan perayaan malam Tahun Baru 2012 lebih awal satu hari.

sumber : www.mirror.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement