Kamis , 05 October 2017, 17:02 WIB

Tren Klub Membuat Peti Mati Sendiri di Australia

Rep: Carla Howarth/ Red: Budi Raharjo
ABC News
Peti mati
Peti mati

REPUBLIKA.CO.ID,Membuat sendiri peti mati atau do-it-yourself (DIY) sedang populer di Australia dan di seluruh dunia. Tren ini menawarkan alternatif yang lebih murah untuk membeli peti mati.

ABC pertama kali bertemu dengan Komunitas Klub Peti Mati atau Community Coffin Club di Ulverstone, di timur laut Tasmania pada awal tahun ini. pra mentor di komunitas ini membantu orang-orang membuat peti mati untuk diri mereka sendiri dan keluarga mereka.

Penyelenggara kegiatan, Lynne Jarvis mengatakan bahwa perhatian media telah menarik minat warga sekitar untuk mengikuti kegiatan mereka. Dia dihubungi oleh puluhan orang yang secara daring memintanya untuk berbagi desain dan trik tentang bagaimana memulai sebuah klub.

"Sejumlah peminat adalah pria penggemar pertukangan di New South Wales dan ada juga beberapa warga di Victoria," katanya. "Ada juga permohonan dari Queensland, Australia Selatan dan hingga sejauh Ohio, AS, Kanada dan Yorkshire di Inggris."

Hobart segera miliki klub peti jenazah

Supervisor Komunitas penggemar pertukangan di West Moonah, Tasmania, Simon Fraser mengatakan bahwa dia berharap bisa meluncurkan sebuah klub peti mati di Hobart, Tasmania pada akhir tahun ini. "Saya melihat cerita itu dan berpikir, wow, itu ide fantastis yang akan berjalan sangat baik di Tasmania Selatan," katanya.

"[Kematian] bukanlah sesuatu yang kita bicarakan dengan mudah, jadi saya pikir ini adalah ide yang bagus untuk melihat cara-cara meruntuhkan beberapa tabu terkait kematian dan membuat orang lebih mudah menghadapi kematian dan membicarakannya satu sama lain.”

Simon Fraser mengatakan peti mati buatan sendiri akan membantu menurunkan biaya yang berkaitan dengan pemakaman.

Declan Banim mengatakan dia berencana menggunakan peti matinya untuk sebagai tempat buku sampai dia membutuhkannya. ABC News: Carla Howarth


"Saya tidak melihat alasan mengapa Anda tidak bisa membangun peti mati dengan bahan-bahan seharga kurang dari $ 300 selama anda bersedia untuk menyediakan waktu dan usaha,” katanya.

"Saya pikir ada bagian dari masyarakat yang cukup tertarik dengan kegiatan ini, terutama bila Anda memiliki kemampuan untuk mempersonalisasikan peti mati Anda." "Ada peti mati yang bisa dijadikan rak buku sampai saatnya tiba.

"Anda bisa menyiasati desain peti mati sehingga tidak hanya diletakan di sudut gudang menunggu penggunaannya." Dia mengatakan bahwa pria-pria penggemar kegiatan pertukangan berusaha untuk menumbuhkan minat masyarakat.

“Dengan demikian kita bisa melangkah ke tahapan berikutnya untuk benar-benar terjun saat program akan diselenggarakan dan siapa yang akan mengawasi proses pembuatannya.”
Warga Victoria juga berminat

Ronnie Clarkson, seorang penyelenggara upacara pernikahan dan pemakaman di regional Victoria, mengatakan dirinya mendapat dukungan dari penduduk setempat atas rencananya untuk memulai sebuah klub peti mati.

"Orang benar-benar tertarik, dan kedengarannya aneh, tapi cukup bersemangat. Mereka tidak menolak gagasan tersebut," katanya. "Beberapa orang tidak ingin membuat peti mati, tapi mereka ingin membuat sesuatu yang bisa menampung abu kremasi.

"Kami ingin membuat peti mati untuk bayi dan anak-anak, yang bisa disumbangkan."

Russell Game, anggota membuat peti mati sendiri di Tasmania ini membantu orang merancang dan membuat sendiri peti mati mereka. ABC News: Carla Howarth


Ronnie Clarkson berharap bisa memulai sebuah klub peti mati di gudang milik seorang pria di Yarram, Gippsland awal tahun depan. "Saya telah berbicara dengan beberapa orang di bawah sana, karena saya tidak tahu bagaimana cara menggergaji kayu,” katanya.

"Mereka benar-benar tertarik dan berkata: 'Ya, kami ingin terlibat dengan kegiatan ini. Kami bisa memberi tahu secara teknis bagaimana cara mambuatnya tapi, kami memiliki peralatannya, kita punya ruangan'. "Kami melakukannya untuk memulai pembicaraan tentang kematian."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.

Sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/gaya-hidup-nad-kesehatan/tren-klub-membuat-peti-mati-sendiri-di-tasmania/9017398

Berita Terkait