Rabu , 11 Oktober 2017, 16:56 WIB

Belajar dari Bayi dalam Mempelajari Bahasa Baru

Red:
abc news
abc news

Proses mempelajari sebuah bahasa baru bisa terasa lamban dan membuat frustrasi. Ali Shahsavand, seorang guru bahasa Inggris di Melbourne, percaya bahwa memperhatikan bagaimana anak-anak mempelajari sebuah bahasa dapat menjadi sumber inspirasi bagi para pembelajar bahasa dewasa.

Ali Shahsavand mengatakan bahwa peserta didik perlu mengikuti tahapan-tahapan seorang bayi dalam mempelajari sebuah bahasa baru. "Sebagai seorang bayi, ketika anda pertama kali belajar bahasa Inggris, mana dari tahapan ini yang Anda bisa ikuti? Umumnya tahapan mendengarkan dan berbicara."

"Jadi Anda mendengarkan kata-kata 'mama' dan 'papa', kemudian Anda meresponsnya. Anda mencoba untuk mengucapkan kata ‘mama’ dan ‘papa’. Mungkin bisa dimulai dengan tahapan seperti itu dan ketika anda merasa sudah lebih percaya diri, mulailah meningkat ke tahapan membaca dan menulis."

Ali, seorang guru bahasa Inggris di Discover English in Melbourne, memperingatkan agar tidak berusaha untuk  mempelajari seluruh tahapan itu dalam waktu bersamaan. "Pelajarilah sedikit demi sedikit, jadi jika Anda mempelajari suatu item kecil [dari pelajaran bahasa yang baru], pelajarilah itu, simpan dan kemudian beralih ke item berikutnya," katanya.

Dia mengatakan bahwa siswa cenderung merasa perlu mempelajari semuanya sekaligus, namun dia mengatakan "ini tidak benar-benar realistis" dan mendorong siswa untuk "mempelajarinya secara perlahan-lahan".

"Seorang pelajar rata-rata dengan IQ yang sangat tinggi saja hanya bisa belajar maksimal lima item baru setiap hari."

"Sebagai seorang anak, kita diberi masukan itu, jadi sebagai orang dewasa, kita harus memaparkan diri kita pada bahasa yang ingin kita pelajari."

bahasa ibu
Ali Shahsavand berpendapat proses mempelajari sebuah bahasa ketika sudah dewasa itu sangat serupa dengan proses seorang anak mempelajari bahasa pertama atau bahasa ibu mereka.

Unsplash CC: Annie Spratt

Ali mengatakan bahwa belajar bahasa sama seperti sebuah pabrik. "Anda punya sesuatu yang dimasukan (input) anda punya suatu hasil yang dikeluarkan (output). Tanpa masukan, Anda tidak bisa punya output," katanya.

Menurut Ali, cara yang baik untuk melibatkan diri Anda dalam bahasa Inggris adalah menggunakan ponsel pintar, tablet, dan laptop Anda untuk membantu Anda.

Learn English Hacks adalah serial siaran langsung di Facebook yang menampilkan guru-guru di Australia dimana mereka membicarakan tantangan-tantangan yang mereka hadapi dan bagaimana menyikapinya. Ikuti dan simak informasinya lebih jauh di akun Learn English Facebook.

Sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/belajar-bahasa-inggris/belajar-dari-bayi-mempelajari-bahasa-baru/9037010

Berita Terkait