Rabu , 11 October 2017, 16:34 WIB

Australia Melaju ke Play-off Kualifikasi Piala Dunia

Rep: James Maasdorp/ Red:
abc news
abc news

Timnas Australia Socceroos berhasil mengalahkan Timnas Suriah 2-1 melalui perpanjangan waktu dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 di Sydney Selasa malam (10/10). Hasil ini membuat Socceroos melaju ke babak playoff kualifikasi antarbenua.

Dikunci dengan skor 1-1 (agregat 2-2) sejak awal di babak pertama, Australia dibuat frustrasi sepanjang pertandingan termasuk saat tambahan waktu. Namun akhirnya Tim Cahill mencetak gol penentu melalui sundulan kepala. Di babak playoff November mendatang Socceroos akan melawan tim terbaik keempat zona Amerika Utara dan Tengah.

Robbie Kruse memasuki area penalti dan memutar tubuhnya untuk mengumpan bola ke Cahill (37 tahun) yang langsung mengeksekusinya dengan sundulan cantik.

Namun drama bagi Australia belum berakhir karena Suriah mendapatkan tendangan bebas di luar kotak penalti Australia beberapa detik sebelum pertandingan berakhir. Omar al Soma, yang menjadi eksekutor, melepaskan tendangan bola yang membentur tiang gawang Mat Ryan.

Skip gfycat embed

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

 
GFYCAT: With the seconds ticking down, Syria came within inches of knocking Australia out

Timnas Suriah, yang tampil mengejutkan dalam kualifikasi Piala Dunia zona Asia, nyaris saja melaju dan menggeser Australia, bahkan saat mereka harus bermain dengan 10 orang. Sebuah gol yang dicetak al Soma akan menyamakan kedudukan total 2-2, membuat Suriah akan unggul gol tandang.

Skip Twitter Tweet

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

 
[removed]// [removed]
 
TWITTER: Socceroos tweets The moment!

Tapi nasib baik tersenyum untuk Australia sambil menunggu lawan berikutnya, di mana Panama, Honduras dan secara teoritis Amerika Serikat menyelesaikan kualifikasi Piala Dunia mereka pada Rabu siang. Saat peluit akhir dibunyikan di Sydney semalam, Panama masih menempati posisi keempat di zona CONCACAF.

"Saya tahu akan mencetak gol. Saya tidak banyak mendapat bola tapi akhirnya saya bisa mencetak gol," ujar Cahill, pemain veteran Australia dalam tiga Piala Dunia terakhir. "Itulah yang telah saya lakukan sepanjang hidupku dan saya akan terus melakukannya."

Menjelang laga tersebut pemberitaan didominasi oleh kabar bahwa Aaron Mooy akan dibangkucadangkan. Kemudian keadaan menjadi lebih buruk bagi Australia ketika al Soma menjebol gawang Ryan di menit ke enam, membuat para pendukung Socceroos terkesima.

Cedera yang menimpa Brad Smith membuat Mooy diturunkan beberapa menit kemudian, menepiskan segala perdebatan terkait pilihan pemain yang diambil pelatih Ange Postecoglou.

Ketegangan pendukung Socceroos segera mereda saat Mathew Leckie melesat dengan gemilang di sayap kanan lapangan sebelum melepaskan umpan silang ke Cahill, yang menyelesaikannya dengan baik di menit ke-49.

Tim Cahill celebrates equaliser against Syria
Tim Cahill melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Suriah, Selasa malam 10 Oktober 2017.

AP: Rick Rycroft

Mooy kembali menunjukkan permainan gemilang bersama Tom Rogic dan Kruse di sayap kiri dalam sebuah pola serangan tiga serangkai, yang melewati pertahanan Suriah berkat kombinasi passing yang bagus.

Kombinasi tersebut membantu James Troisi masuk ke kotak penalti lawan untuk mengumpan ke Cahill, namun tendangan kaki kanannya berhasil diblok oleh pemain lawan.

Kedua timnas berupaya menciptakan peluang-peluang cantik di babak kedua, namun skor tetap sama sampai akhir menit babak kedua. Babak ekstra pun harus dimainkan.

Pemain pengganti Socceroos di posisi penyerang Nikita Rukavytsya memiliki dua peluang emas untuk mengakhiri kedudukan sama di babak perpanjangan waktu.

Memasuki awal babak perpanjangan waktu, tendangan kaki kirinya membentur tangan kiper Suriah Hamid Mido, sebelum umpan silang yang diterimanya di area kosong yang dapat ditangkap kiper lawan.

Suriah kehilangan seorang pemain setelah Mahmoud al Mawas mendapatkan kuning kedua usai melanggar Kruse, membuat tim tamu menutup rapat pertahanan yang menyebabkan Australia frustrasi.

Akhirnya Cahill kembali menjadi sorotan setelah membawa timnya ke tahap akhir perjalanan panjang Socceroos dalam kualifikasi Piala Dunia 2018. Sebanyak 42.136 penonton di stadion di Sydney akhirnya bisa bernafas lega.

Diterbitkan oleh Farid M. Ibrahim dari artikel ABC News di sini.

Sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/australia-melaju-dalam-kualifikasi-piala-dunia/9039088

Berita Terkait