Kamis , 12 Oktober 2017, 16:12 WIB

Tabrakan Truk, Jalanan di New South Wales Ini Seperti Zona Perang

Red:
abc news
abc news

Sebuah truk pupuk curian menabrak sebuah bangunan di wilayah Singleton, Hunter Valley, New South Wales (NSW). Menurut keterangan polisi setempat, kejadian ini memicu ledakan dan operasi penyelamatan yang signifikan.

Truk semi-trailer itu menabrak beberapa mobil dan sebuah bangunan di New England Highway di jalan George Street, yang memicu kobaran api. Akibat kejadian ini, Walikota Singleton, Sue Moore, menggambarkan kota meraka "terlihat seperti zona perang".

"Saya bisa bersimpati dengan orang-orang yang benar-benar terlibat dalam situasi ini," ujarnya. "Saya mengikuti informasi di lini masa di Facebook dan saya berpikir, 'ini seperti mimpi’."

Seorang juru bicara dari helikopter penyelamatan Hunter Valley mengatakan, seorang pria berusia 67 tahun menderita sejumlah luka-luka dan diterbangkan ke Rumah Sakit John Hunter di Newcastle. Polisi mengatakan bahwa pria itu berada di salah satu kendaraan. Ia dalam kondisi serius dengan luka yang tidak mengancam jiwa.

Korban kedua diterbangkan ke Rumah Sakit John Hunter dalam kondisi yang serius, sementara korban ketiga dengan cedera bahu dan kaki dibawa oleh ambulans. Dua korban lagi dengan luka ringan dibawa ke Rumah Sakit Distrik Singleton.

Bahaya bisa terlihat di jalanan Singleton di mana truk tersebut menabrak bangunan.
Bahaya bisa terlihat di jalanan Singleton di mana truk tersebut menabrak bangunan.

ABC News: Kerrin Thomas

Truk diduga dicuri

Polisi mengatakan, truk itu dicuri dari sebuah stasiun bahan bakar di Murrurundi. Petugas mengatakan truk itu terlihat berjalan tak menentu ke arah selatan di sepanjang jalan raya, melalui Muswellbrook dan menuju Singleton.

Mereka mengatakan, pengejaran terhadap truk itu memang tidak dilakukan. Saat truk tersebut mendekati Kota Singleton, petugas memasang pembatas jalan untuk menghentikan kendaraan.

Truk itu berlanjut menuju George Street, di mana kemudian truk tersebut terbakar setelah menabrak beberapa kendaraan dan bangunan, termasuk bangunan di sebelah Royal Hotel. Tim pemadam kebakaran telah dikirim dari Newcastle untuk menangani bangunan Royal Hotel.

Gabrielle Brown, yang melihat kecelakaan itu dan ledakan berikutnya, mengatakan bahwa kejadian itu "sangat menakutkan".

Skip Twitter Tweet

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

[removed][removed]
 
TWITTER: Kecelakaan Truk
Truk hancur akibat ledakan.
Truk hancur akibat ledakan.

ABC News: Colin Kerr

"Saya berada di sini di jalan setapak, hanya menontonnya dan ada dua ledakan lagi setelah ledakan awal," ujar Gabrielle.

Ia mengatakan, dirinya melihat sang pengemudi mencoba melarikan diri. Hal itu membuat beberapa petugas menodongkan senjata mereka. Polisi mengatakan, sopir tersebut ditangkap di tempat kejadian dan saat ini sedang menjalani penyelidikan.

Tim insiden kritis dari Komando Wilayah Port Stephens sedang menyelidiki kondisi di seputar kejadian tersebut termasuk penyebaran pembatas jalan. Penyelidikan itu akan ditinjau secara independen.

Truk menabrak bangunan di dekat Royal Hotel.
Truk menabrak bangunan di dekat Royal Hotel.

ABC News: Cecilia Connell

Kecelakaan truk lainnya

Dalam insiden terpisah, pada Rabu (11/10/2017) pagi, wilayah Hume Highway juga diisolasi setelah sebuah truk makanan beku mengalami tabrakan dan terbakar di Jembatan Wingecarribee di Berrima, Dataran Tinggi Selatan, NSW.

Truk gandeng itu menabrak pagar pengaman dan tergantung di sisi jembatan saat kendaraan itu terbakar sesaat sebelum pukul 8:30 pagi. Rekaman peristiwa tabrakan menunjukkan asap hitam dan nyala api mengepul dari reruntuhan saat truk itu terjulur dari jalan raya.

Pengemudi truk, seorang pria berusia 60-an tahun, dirawat di tempat kejadian sebelum dibawa ke Rumah Sakit Distrik Bowral dengan luka ringan.

Kru dari Dinas Kebakaran Pedalaman setempat berusaha untuk memadamkan api dan area semak kecil yang juga terbakar di bawah jembatan, sepanjang pagi tersebut.

Kecelakaan tersebut menutup jalanan Hume Highway di kedua arah selama beberapa jam, namun jalur selatan telah dibuka kembali. Operasi pembersihan dan penyelamatan berlanjut di jalur utara.

Truk yang mengangkut makanan beku ini terbakar di jalanan Hume Highway dekat Berrima.
Truk yang mengangkut makanan beku ini terbakar di jalanan Hume Highway dekat Berrima.

Supplied: NSW RFS

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/akibat-tabrakan-truk-jalanan-di-new-south-wales-ini-tampak-sep/9040960