Jumat 03 Nov 2017 05:33 WIB

Pria Australia Didakwa Membunuh Anggota Khmer Merah Kamboja

Ranny Yun dibunuh di Springvale, di pinggiran kota Melbourne pada 1987.
Foto: ABC
Ranny Yun dibunuh di Springvale, di pinggiran kota Melbourne pada 1987.

REPUBLIKA.CO.ID, PERTH -- Seorang pria di Australia Barat telah didakwa melakukan pembunuhan yang terjadi 30 tahun lalu terhadap seorang perempuan di Melbourne yang terkait dengan rezim Khmer Merah di Kamboja.

Jasad Ranny Yun yang berusia 27 tahun ditemukan di rumahnya di pinggiran kota Melbourne, yakni Springvale, pada 15 Oktober 1987.

Pembunuhan tersebut tetap tidak terpecahkan sampai dilakukan peninjauan kembali atas kasus kejahatan yang sudah dipetieskan menuntun penyelidik untuk mengidentifikasi pria berusia 49 tahun dari Thornlie, di pinggiran Kota Perth, sebagai "orang yang patut dicurigai".

Petugas melakukan perjalanan ke Perth pada Rabu (1/11) dan mewawancarai pria tersebut sebelum akhirnya menuduhnya terlibat dalam pembunuhan Ranny Yun. Pria itu dijadwalkan hadir di Pengadilan Magistrat Perth pada Kamis (2/11), di saat sebuah pengajuan ekstradisi terhadap pria itu ke Melbourne dilakukan.

Pada saat pembunuhan tersebut terjadi, penyelidik dari unit Pembunuhan, Sersan Senior John Ashby mengatakan kepada wartawan ada beberapa teori seputar kematian Ranny Yun, termasuk bahwa dia adalah anggota rezim Khmer Merah yang brutal dari diktator Pol Pot di negara asalnya Kamboja.

Sersan Senior Ashby mengatakan Yun telah bertanggung jawab atas kematian beberapa orang sebelum dia melarikan diri ke Australia dua tahun lalu. Dia mengatakan Yun mungkin telah dibunuh oleh salah seorang rekan sebangsanya yang membalas dendam atas aktivitasnya di Kamboja.

Polisi juga menyelidiki apakah dia terbunuh karena kegiatan perjudian dan pinjaman ilegal di Springvale. "Itu bisa jadi bentuk pembunuhan balas dendam dan seseorang mungkin takut untuk melaporkan informasi karena kemungkinan adanya aksi pembalasan," kata Sersan Senior Ashby saat itu.

Setelah menyelidiki kasus tersebut, polisi mengakui mereka tak punya petunjuk dan menawarkan hadiah 50 ribu dolar AS (atau setara Rp 500 juta) pada 1988.

"Dalam banyak kasus, Anda mendapatkan beberapa gagasan tentang pelaku kejahatan jenis ini, tapi dalam kasus ini tidak ada, sama sekali," kata Sersan Senior Ashby.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/pria-wa-jadi-tertuduh-kasus-pembunuhan-di-melbourne-30-tahun-la/9113860
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement