Rabu 13 Dec 2017 09:51 WIB

Donasi Politik Pengusaha Cina di Australia Terungkap

Hung Xiangmo bersama PM Malcolm Turnbull dalam perayaan tahun baru Cina di Sydney tahun lalu.
Foto: ABC
Hung Xiangmo bersama PM Malcolm Turnbull dalam perayaan tahun baru Cina di Sydney tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Dokumen pelengkap yang diajukan sebagai bagian dari rencana pembangunan kembali sebuah pusat perbelanjaan di Sydney, telah mengungkap berbagai urusan politik yang dilakukan pengusaha asal Cina Huang Xiangmo.

Permohonan tersebut nantinya akan diputuskan oleh sebuah panel yang diketuai oleh anggota Greater Sydney Commission, yang dipimpin Lucy Turnbull, istri Perdana Menteri Malcolm Turnbull.

Huang adalah pimpinan perusahaan Yuhu Group, yang berada di balik pembangunan senilai 276 juta dolar AS tersebut. Rencana ini membangun kembali pusat perbelanjaan Eastwood di pinggiran Sydney.

Tahun lalu, Senator Dastyari diketahui melakukan pembelaan atas posisi Cina dalam sengketa Laut Cina Selatan, bertentangan dengan kebijakan partainya (Partai Buruh), saat didampingi oleh Huang, yang juga seorang donatur parpol tersebut. Formulir yang diakjukan ke Pemkot Ryde di Sydney mengungkapkan perincian tentang jumlah dan tingkat donasi politik yang dilakukan oleh perusahaan Huang.

Formulir itu merinci 13 donasi terpisah yang dibayarkan antara November 2014 dan Juni 2016. Daftar tersebut dimulai dengan donasi sebesar 50.000 dolar AS kepada Partai Liberal di Victoria pada bulan November 2014. Kemudian donasi  55.000 dolar AS yang dibayarkan ke Partai Buruh untuk hadir di jamuan makan siang dengan Pemimpin Partai Buruh Bill Shorten pada Oktober 2015.

Lalu ada serangkaian donasi yang bertepatan dengan kampanye Pemilu federal tahun 2016. Sumbangan masing-masing 20.000 dolar AS dibayarkan kepada kampanye Senator Liberal Mathias Cormann dan mantan anggota parlemen asal Tasmania Andrew Nikolic, yang kemudian kalah dalam pemilu. Donasi 30.000 dolar AS lainnya disumbangkan ke pundi-pundi kampanye Partai Buruh di New South Wales.

Daftar Donasi Perusahaan Huang Xiangmo

Name of donor Who they donated to Date of donation or gift Amount or value (AUD)
Chaoshan No. 1 Pty Ltd Bayside Forum, Liberal Party of Australia (Victoria) 17/11/2014 $50,000
Yuhn Group (Australia) Pty Ltd Bennelong Forum Annual Subscription, Liberal Party of Australia (NSW) 02/04/2015 $20,000
Mandarin International Investments Pty Ltd Boardroom lunch with Hon. Bill Shorten, ALP National 20/10/2015 $55,000
Chaoshan No.1 Pty Ltd Canning - WA Liberal Party 14/6/2016 $10,000
Chaoshan No 1 Pty Ltd Gilmore FEC - Liberal NSW 30/5/2016 $10,000
Chaoshan No.1 Pty Ltd Eric Hutchinson FEC - Liberal TAS 30/5/2016 $10,000
Chaoshan No.1 Pty Ltd Deakin FEC - Liberal VIC 16/6/2016 $20,000
Jade Fisheries Pty Ltd Tangney FEC WA Liberal Party 30/5/2016 $10,000
Jade Fisheries Pty Ltd Dobell FEC - Liberal 30/5/2016 $20,000
Jade Fisheries Pty Ltd Andrew Nikolic FEC - Liberal TAS 6/6/2016 $20,000
Chaoshan No.1 Pty Ltd NSW Labor Federal Campaign 14/6/2016 $30,000
Mandarin International Investments Pty Ltd Sturt FEC - Liberal 5/6/2016 $20,000
Chaoshan No.1 Pty Ltd Senator Mathias Cormann Campaign - Liberal WA 23/6/2016 $20,000

Terlalu bergantung pada Huang

Ditanya tentang donasi politik tersebut, juru bicara Huang menyatakan bahwa pengusaha itu "tidak tertarik dengan cerita ini atau mengomentarinya dan hanya fokus pada bisnisnya".

Menurut juru bicara tersebut, Huang berhenti melakukan donasi politik pada pertengahan 2016. "Dia telah mendapatkan pelajaran seiring waktu dan setahun lalu dia sendiri telah menyerukan reformasi donasi namun hal ini diabaikan," katanya.

"Dia merasa partai politik sendiri yang terlalu bergantung pada individu seperti dirinya dan reformasi diperlukan untuk mengurangi ketergantungan itu, serta mengurangi tekanan pada donor dan pertanyaan tentang motif mereka," tambahnya.

Donasi ke Partai Liberal di Bennelong

Permohonan pembangunan yang diajukan perusahaan Huang tahun lalu ditujukan untuk pusat perbelanjaan di jantung wilayah Bennelong, dimana Pemilu sela akan digelar Sabtu (16/12) pekan ini. Proyek ini melibatkan penghancuran pusat perbelanjaan yang ada dan menggantinya dengan tujuh bangunan setinggi antara enam dan 13 lantai.

Rencana ini mencakup ruang ritel dan komersial serta 440 unit hunian. Formulir yang diajukan ke Pemkot Ryde mengungkapkan bahwa pada bulan April 2015, Grup Yuhu milik Huang membayar sumbangan tahunan sebesar 20.000 dolar AS kepada Partai Liberal di Bennelong.

Orang dekat Huang di kampanye Alexander

John Alexander campaigns with Mr Xu (left).
John Alexander berkampanye bersama Xu (kiri).

Facebook: John Alexander

Pekan lalu, diketahui bahwa mantan penasihat dekat Huang, Tim Xu, terlibat dalam kampanye kandidat Partai Liberal John Alexander untuk pemilu sela di Bennelong. Alexander mengaku tidak pernah berbicara dengan Xu. "Kami punya 600 relawan, dia adalah salah satu dari mereka," katanya.

"Saya membacanya di koran dan saat saya membacanya, dia tidak lagi bersama kami," tambah Alexander.

Dia mengatakan tidak tahu mengapa Xu tidak lagi terlibat dengan kampanyenya. "Saya tidak tahu mengapa dia datang, saya tidak tahu mengapa dia pergi," katanya.

Mantan anggota DPR dari Dapil Bennelong ini mengatakan Huang merupakan seorang pengusaha berpengaruh di dapil tersebut.

"Yuhu Group memiliki Eastwood Mall bahwa mereka sedang bangun kembali. Mereka mengajukan permohonan untuk 28 lantai dan saya pikir disetujui 13," katanya.

"Dia seorang pengusaha yang aktif terlibat dalam komunitas kami, dan saya sadar bahwa dia memberikan banyak uang untuk badan amal lokal kami dan untuk itu saya berterima kasih padanya," ucap Alexander.

Kandidat Partai Buruh untuk Bennelong Kristina Keneally mengatakan: "Saya pikir terserah pada Alexander untuk menjelaskan hubungannya dengan Huang dan mengapa staf Huang bekerja pada tim kampanyenya."

Dirujuk ke Greater Sydney Commission

Karena nilai pembangunan kembali Eastwood Mall bernilai lebih dari $ 20 juta, maka Pemkot setempat harus merujuk permasalahan tersebut ke panel yang dipimpin oleh perwakilan dari Greater Sydney Commission untuk mendapatkan persetujuan. Greater Sydney Commission dipimpin oleh Lucy Turnbull.

Namun juru bicara Greater Sydney Commission mengatakan Lucy Turnbull "sama sekali tidak terlibat" dalam proses pengambilan keputusan.

"Komisaris Utama Lucy Turnbull tidak memainkan peran apa pun dalam pekerjaan Panel Perencanaan, dan Komisi juga tidak memberikan saran atau arahan mengenai hal-hal yang diajukan ke mereka," katanya.

Keputusan atas permohonan Huang tersebut akan ditentukan oleh panel yang terdiri atas lima anggota.

Juru bicara untuk Yuhu Group mengatakan: "Permohonan ini tunduk pada proses yang benar dan setiap tuduhan sebaliknya jelas-jelas tidak benar."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/donasi-politik-pengusaha-china-di-australia-terungkap/9249806
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement