Jumat 12 Jan 2018 09:50 WIB

Tewas Digigit Ular Hanya dalam Waktu Satu Jam

Ular cokelat memang mematikan namun sebenarnya jarang memakan korban.
Foto: ABC
Ular cokelat memang mematikan namun sebenarnya jarang memakan korban.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Betapa mematikannya gigitan ular berbisa kembali memakan korban di Australia. Seorang pria berusia 24 tahun meninggal hanya dalam waktu satu jam setelah digigit seekor ular coklat dimana pria tersebut berusaha melindungi anjing peliharannya.

Pria itu mengalami gigitan di belakang rumahnya di Tamworth (sekitar 400 Km dari Sydney) di New South Wales, Rabu malam (10/1). "Dia keluar untuk menyelidiki ketika anjingnya yang kecil menyalak, dan menemukan anjing itu sedang menggigit ular coklat tersebut," kata Sergeant Josh McKenzie dari Kepolisian Tamworth.

"Dia kemudian berusaha melepaskan ular tersebut namun mendapat gigitan di jarinya."

Anggota keluarga pria tersebut membawanya ke rumah sakit di Tamworth namun meninggal satu jam kemudian. "Obat anti bisa dan usaha memberikan bantuan pernapasan dilakukan namun dia meninggal di rumah sakit" kata Sersan McKenzie.

Kematian akibat gigitan ular cokelat sebenarnya jarang

Ular cokelat merupakan salah satu ular yang paling mematikan karena gigitannya di dunia, namun di Australia, korban tewas karena gigitan ular sebenarnya tidaklah banyak. Antara 2000 sampai 2016, 35 orang tewas karena gigitan ular di Australia.

Sersan McKenzie mengatakan ular adalah 'binatang yang dilindungi' dan karenanya tidak bisa dibunuh begitu saja, kecuali bila ada manusia yang sedang dalam bahaya karena serangan ular tersebut. Yo Matthews salah seorang penangkap ular dari Snake Catchers Sydney mengatakan ular sebenarnya jarang menyerang manusia.

"Ular cokelat banyak berkeliaran di bagian timur garis pantai Australia," katanya.

Dia mengatakan bila kita berdiri dalam jarak lima meter dari ular cokelat itu maka kita akan aman karena ular hanya bisa menyerang sesuai dengan panjang tubuhnya.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/tewas-digigit-ular-hanya-dalam-waktu-satu-jam/9323534
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement