Selasa 16 Jan 2018 09:57 WIB

Pengendara Terkejut Lihat Walabi di Jembatan Sydney

Polisi mengikuti walabi yang sedang berlompat-lompat di Sydney Harbour Bridge.
Foto: ABC
Polisi mengikuti walabi yang sedang berlompat-lompat di Sydney Harbour Bridge.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Seekor walabi, sejenis kanguru kecil, terlihat sedang melompat-lompat di sepanjang Sydney Harbour Bridge dan mengejutkan sejumlah pengendara, Selasa pagi (16/1). Polisi kemudian mengambilnya dan membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa.

Sejumlah warga menelepon ke stasiun radio Sydney 2GB yang melihat hewan marsupial berlompat-lompat di sisi utara jembatan ternama Sydney, sebelum pukul 05.00 pagi. "Saya tak percaya dengan apa yang saya lihat. Saya sangat khawatir dengan hewan kecil yang kasihan itu. Ia hanya melompat-lompat ke utara di jalur delapan," kata seorang penelepon, Michelle.

Anda bisa menonton videonya disini.

"Saya pikir 'Tidak mungkin saya melihat seekor kanguru di kota besar seperti ini. Saya biasanya hanya melihat di pedalaman," tambahnya.

Pengendali lalu lintas dari Pusat Manajemen Transportasi, termasuk Dave Wright memantau walabi tersebut. "Pengendali lalu lintas cukup terkejut pagi ini ketika melihat seekor kanguru turun ke jalur delapan Sydney Harbour Bridge yang datang dari sisi utara. Ia terus melompat, dari jalur delapan sampai jalur satu menyusuri Cahill Expressway ke Macquarie Street," katanya.

Sejumlah pengendara menelpon polisi, dan petugas kepolisian dari kawasan Harborside dan North Shore menanggapinya. "Ada mobil polisi yang mengikutinya dengan kecepatan sangat lambat dan ada banyak mobil di belakangnya. Ia hanya melompat-lompat di jalanan, saya belum pernah melihat seperti ini, inilah Australia," ujar Dean, penelepon 2GB lainnya.

Empat orang polisi memegang walabi dengan selimut merah
Kepolisian Sydney menangkap walabi untuk dibawa ke rumah sakit hewan. Foto: Twitter, Sunrise

Polisi kemudian bisa mengambil walabi tersebut. "Petugas kepolisian kemudian membawa hewan yang masih shock tersebut ke kantor polisi dekat Conservatorium of Music, kemudian satuan kepolisian 'Police Mounted Unit' tiba di tempat kejadian setelah membawanya ke kebun binatang untuk diperiksa," kata polisi.

Tertekan tapi bebas dari luka parah

Walabi jantan tersebut dibawa ke Rumah Sakit Satwa Taronga di Sydney di mana ia diperiksa oleh dokter hewan senior, Larry Vogelnest. "Ia lumayan tertekan ... jadi saya memutuskan membiusnya... menyuntiknya agar ia tertidur karena sangat tertekan," katanya.

"Lalu saya memeriksanya dengan seksama. Untung sepertinya tidak ada luka yang berarti. Ada beberapa goresan kecil di wajahnya dan kaki belakangnya. Saya melakukan X-ray di seluruh tubuhnya untuk tahu apakah ada tulang yang patah... dan sepertinya tak ada luka parah," katanya.

Walabi akan terus diawasi di unit perawatan intensif rumah sakit selama 24 jam kedepan, sebelum dilepaskan ke semak-semak yang juga ada walabi lainnya.

Seorang dokter hewan menggunakan stetoskop memeriksa tubuh kangguru
Walabi sedang diperiksa oleh dokter hewan dari Kebun Binatang Taronga.

Foto: Taronga Zoo

Diperkirakan, walabi tersebut sudah berjalan ke jembatan dari lapangan golf di Cammeray. Ollie Gebert, seorang instruktur golf dan sedang berada di lapangan golf Cammeray pagi ini mengatakan ia belum pernah melihat ada walabi di lapangan golf.

"Dalam 25 tahun, saya belum pernah melihat satu pun. Ada banyak lahan semak di Northbridge dan bagian belakang Cammeray jadi mungkin berasal dari sana," katanya.

Walabi tersebut mungkin menggunakan lapangan golf untuk mengakses jalan bebas hambatan yang mengarah ke jembatan. "Jelas ini adalah kemungkinan besar, ini adalah satu-satunya jalan masuk. Di belakang lapangan golf, dekat lubang keenam ada jalan masuk ke jalan bebas hambatan, itulah satu-satunya cara untuk melompat dari lapangan golf," ujarnya.

Simak laporannya dalam bahasa Inggris disini.

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/walabi-berlompat-jembatan-sydney/9333180
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement