Senin 19 Feb 2018 19:46 WIB

Situs Badan Prakiraan Cuaca Aussie Disusupi Iklan Penipuan

Iklan itu membawa pengguna ke berita CNN palsu tentang Bitcoin.

Badan Prakiraan Cuaca (BOM) Australia mengatakan bahwa
Foto: ABC
Badan Prakiraan Cuaca (BOM) Australia mengatakan bahwa "tidak dapat diterima" bahwa iklan penipuan di internet itu diizinkan di situs mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Iklan yang berisi halaman penipuan telah muncul di situs Badan Prakiraan Cuaca Australia (BOM). Iklan tersebut muncul pada Januari dan Februari 2018 ini, dan membawa pengguna ke berita CNN palsu tentang Bitcoin.

Poin Inti

- Halaman itu terlihat seperti situs teknologi CNN.

- Kisah palsu tersebut mendorong pembaca untuk membuka tautan yang terhubung ke situs Scams (penipuan).

- BOM mengatakan iklan itu tidak dapat diterima.

Halaman ini terlihat persis seperti situs teknologi CNN dan mencantumkan nama reporter CNN yang menuliskan berita. Cerita palsu yang berbicara mengenai perusahaan start-up Bitcoin baru yang dijalankan Elon Musk itu akan mendorong pembaca untuk membuka tautan yang terhubung ke situs yang dikenal sebagai penipuan Bitcoin.

Badan Prakiraan Cuaca Australia (BOM) mengatakan iklan tersebut tidak dapat diterima dan menghentikan perusahaan pihak ketiga yang menyediakannya setelah dihubungi ABC akhir pekan lalu.

Berita palsu cerita Elon Musk
Salah satu iklan yang mengarahkan pembaca ke situs berita palsu yang menampilkan bos Tesla Elon Musk. ABC News

"Ada banyak filter yang ada, otomatis dan manual. Jelas mereka belum cukup efektif dalam hal ini," katanya dalam sebuah pernyataan.

Tapi Badan Prakiraan Cuaca Australia (BOM) mengaku tidak tahu berapa banyak orang yang melihat iklan itu, atau berapa banyak orang yang telah membukanya.

Sebagian kecil iklan di situs BOM bermasalah

Seorang juru bicara mengatakan, iklan yang bermasalah itu adalah bagian yang relatif kecil dari apa yang muncul di situsnya. "Pada hari-hari mereka muncul, iklan penipuan itu hanya sekitar 0,006 persen dari 35 juta lebih iklan yang dipaparkan di situs biro ini," kata juru bicara tersebut.

"Ini masih tidak dapat diterima dan biro kami dengan tulus meminta maaf bahwa masalah seperti ini diperbolehkan terjadi."

Biro Prakiraan Cuaca (BOM) merupakan satu-satunya badan publik yang mengizinkan iklan di situsnya. Iklan dimulai hampir lima tahun yang lalu dan memberikan penghasilan tambahan selain dana pembayar pajak.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/situs-badan-prakiraan-cuaca-australia-disusupi-iklan-scam/9462970
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement