Senin 12 Mar 2018 18:12 WIB

Profesor dan Dokter Ini Ungkap Waktu Tepat Menyikat Gigi

Waktu paling penting untuk menyikat gigi adalah tepat sebelum tidur.

Red: Nur Aini
Menyikat gigi
Foto: pixabay
Menyikat gigi

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Menyikat gigi dua kali sehari sudah menjadi anjuran umum di masyarakat. Akan tetapi, kapan waktu yang tepat untuk menyikat gigi?

Menurut profesor Universitas Melbourne dan dokter gigi anak, David Manton, waktu yang paling penting untuk membersihkan gigi Anda adalah tepat sebelum tidur. Menurutnya, menyikat gigi sebelum atau sesudah sarapan tidak penting.

"Mengingat waktu pembusukan, saya rasa kami tak melihat perbedaan sama sekali."

Sementara banyak orang berpikir bahwa poin penting dari menyikat gigi adalah membersihkan sisa makanan dari gigi, tujuan utamanya sebenarnya adalah membuang plak. Plak, yang digambarkan oleh Profesor Manton sebagai "lapisan putih yang Anda sikat", adalah penyebab kerusakan gigi.

Gula dalam makanan memberi makan bakteri yang tinggal di plak tersebut. "Itu mengubah lingkungan sehingga mereka suka makan gula, mereka membuat asam, asam akan melarutkan gigi dan Anda mengalami lubang."

Inilah sebabnya mengapa mengurangi asupan makanan dan minuman manis sangat penting bagi kesehatan mulut. Dokter gigi telah meningkatkan peringatan tentang tingkat kerusakan gigi pada anak kecil. Para ahli menyarankan agar orang tua menghindari untuk memberi anak-anak minuman bergula, termasuk jus, dan justru memberi mereka susu atau air biasa saja.

"Ini tentang pola makan, dan begitu banyak makanan olahan kita mengandung gula di dalamnya sehingga sulit untuk melepaskan diri dari makanan manis akhir-akhir ini," kata Profesor Manton.

Profesor Manton, yang juga ketua Komite Kesehatan Gigi untuk Asosiasi Dokter Gigi Australia, mengatakan setiap anak harus pergi ke dokter gigi. "Kami mencoba untuk mendorong agar mereka mendapat pemeriksaan anak yang sehat, tidak menunggu sampai mereka memiliki masalah."

Ia mengatakan bahwa anak-anak yang masih sangat muda-pun harus menjalani pemeriksaan gigi secara rutin. "Rekomendasi kami biasanya dalam enam bulan setelah erupsi gigi pertama, jadi biasanya sekitar umur 12 bulan."

Menyikat gigi sebelum sarapan pagi tetap akan memperbaiki kebersihan mulut Anda. "Anda membersihkan plak sehingga tidak ada yang bisa memakan gula," kata Profesor Manton.

Kapanpun Anda dan anak Anda menyikat gigi, Profesor Manton mengatakan bahwa penting sekali Anda menyikat setidaknya dua kali sehari. "Terutama sebelum Anda tidur - ini sangat penting bagi semua orang."

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/gaya-hidup-nad-kesehatan/kapan-waktu-yang-tepat-untuk-menggosok-gigi/9540750
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement