Sabtu 17 Feb 2018 18:50 WIB

Pimpinan Universitas Zimbabwe Ditahan

Penahanan terkait kontroversi gelar doktor Grace Mugabe.

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dan Ibu Negara Grace Mugabe.
Foto: AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi
Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dan Ibu Negara Grace Mugabe.

REPUBLIKA.CO.ID, HARARE -- Zimbabwe menahan pimpinan universitas karena kasus gelar doktor kontroversial Grace Mugabe, istri mantan presiden Robert Mugabe.

Pimpinan universitas tersebut adalah wakil kanselir di universitas tertua di Zimbabwe, University of Zimbabwe. Juru bicara Antikorupsi Phyllis Chikundura mengatakan Levi Nyagura ditangkap pada Jumat (16/2). Dia kemudian muncul di pengadilan pertama pada Sabtu karena tuntutan penyalahgunaan jabatan.

Grace Mugabe mendapatkan gelar tersebut pada 2014, namun dia dituduh tidak pernah berkuliah untuk gelar itu. Sementara mantan presiden yang juga suaminya tersebut adalah rektor universitas.

Chikundura mengatakan universitas harus menunjukkan bukti tertulis yang menunjukkan pendaftaran dan perkembangan akademik Grace. Sementara salah seorang dosen sosiologi mengaku mereka tidak memiliki catatan tentang karya Grace.

Kekhawatiran terhadap kemungkinan Grace yang tidak populer itu untuk menggantikan suaminya yang telah berusia 93 tahun muncul setelah militer mulai bergerak sejak tahun lalu. Robert Mugabe mengundurkan diri pada November lalu di bawah tekanan militer.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement