Selasa 20 Feb 2018 06:17 WIB

Hissene Habre: Kisah Percobaan Seorang Diktator

Inilah tentang naik turunnya salah satu diktator paling kejam di dunia, mantan Presid

Suasana perang sipil di Afrika.
Foto: military.com
Suasana perang sipil di Afrika.

Pada tanggal 30 Mei 2016, mantan Presiden Chad Hissene Habre dihukum karena melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan. Ini adalah puncak dari sebuah kampanye 17 tahun untuk keadilan yang diselenggarakan oleh sekelompok kecil pengacara, yang menjadikannya misi mereka untuk melihat pengadilan negara bagian Habre, dan tanpa siapa hal itu tidak mungkin terjadi.

"Ada sekelompok kami yang mengatakan bahwa kami tidak akan pernah menyerah," kata aktivis Reed Brody, yang dijuluki "pemburu diktator".

Brody menyelidiki kepolisian politik Habre yang ditakuti, DDS, Direktorat Dokumentasi dan Keamanan, yang bertanggung jawab untuk mencegah siapa yang menentang rezimnya. Diperkirakan 40.000 orang terbunuh dan 200.000 lainnya disiksa selama delapan tahun pemerintahan Habre.

Habre, 74, tidak berbicara dalam satu keterangan yang sama selama delapan bulan masa persidangannya,. Dia tidak melihat ratusan korban yang memberikan kesaksian mereka dari hari ke hari, tentang kebisuan keras dari seorang diktator yang menolak legitimasi pengadilan.

Tapi apa yang membuat Habre menjadi diktator kejam seperti itu? Dan bagaimana dia bisa lolos begitu lama? Inilah yang kita ingin tahu apa yang terjadi sebenarnya.

Pangeran revolusi dan panglima perang

Pada tahun 1975, seorang mantan mahasiswa sains politik di sekolah elit Prancis, Sciences-Po Paris, Habre memimpin sebuah pemberontakan melawan pemerintah Chad, yang dianggap terlalu dipengaruhi oleh Prancis. Inilah awal karir politik Habre.

Chad, bekas koloni Prancis, dikuasai oleh enam negara lainnya, terutama Libya di utara, Sudan di timur, dan Niger di barat. Ada yang mengklaim itu adalah dekolonisasi berantakan yang merupakan bahan bakar di bawah api yang menghancurkan sebagian besar bangsa.

Dari wilayah gurun Tibesti, yang terletak antara Libya dan Niger, pada tahun 1974, Habre mengumpulkan penduduk lokal dengan retorika nasionalistiknya: menyerukan sebuah revolusi.

photo
Habre mengenakan topi Kuba, Ray-Bans dan seekor kuda betina di sisinya, mengingatkan pada revolusioner Kuba, untuk mengingatkan orang tentang posisinya sebagai panglima perang.

"Dia adalah topi Kuba yang membuatnya terlihat seperti salah satu revolusioner Castro yang dia dapatkan Ray-Bans, kacamata hitam di dalam mode, seragam yang sangat pas dengan seekor kelopak di sisinya untuk mengingatkan orang bahwa dia adalah yang pertama dan terutama. seorang panglima perang. Dia tahu bahwa perang dimenangkan oleh kesan, "kata sejarawan Jean-Pierre Bat mengenangkannya tentang dia.

Untuk memajukan citranya sebagai "panglima perang", Habre juga melakukan serangkaian penculikan, yang menargetkan orang asing demi meningkatkan visibilitasnya dalam skala internasional. Penyanderaan pertama Prancis adalah arkeolog Francoise Claustre, yang dipenjara di gurun Tibesti selama 33 bulan.

Baru pada saat Prancis melakukan intervensi dengan bantuan mantan pemimpin Libya Kolonel Muammar Gaddafi bahwa Claustre dilepaskan. Ini akan menandakan dimulainya pertengkaran berdarah lama antara Habre dan Gaddafi.

Habre naik ke tampuk kekuasaan

Setelah merebut kekuasaan pada tahun 1982, Habre mendapat dukungan dari Prancis dan Amerika Serikat, yang melihatnya sebagai penantang utama untuk melawan rezim Gaddafi di Libya - sebuah pergantian yang signifikan dalam menghadapi pemimpin Chad yang ambisius.

Gaddafi adalah seorang revolusioner yang sama ambisius, tapi lebih kuat karena uang minyak yang dimilikinya. Atas nama mimpinya Pan-African, dia menempati sebidang tanah di Aouzou yang berbatasan dengan Libya dan melancarkan pemberontakan melawan Habre.

Gaddafi mengancam kepentingan Barat tidak hanya di Chad tapi secara global. Ia secara terbuka mendukung gerakan revolusioner dan pendanaan terorisme internasional. Barat memperpanjang dukungan untuk Habre dengan biaya apapun.

"Orang-orang Amerika telah memutuskan bahwa mereka akan mendukung Hissene Habre Orang-orang Amerika tidak memiliki kepentingan di Chad, tapi perasaan mereka sangat kuat tentang mengekor ambisi Kolonel Gaddafi. Tentara Chad menunjukkan dan menembak, sangat sederhana, " kata Charles Duelfer dari Kebijakan Militer Negara Bagian AS dari tahun 1982 sampai 1990.

Pemerintah AS menjalankan rezim Habre, namun Prancis ragu untuk melakukannya, dengan Presiden Sosialis Francois Mitterrand bersandar pada sebuah kebijakan baru Afrika dengan sedikit intervensi. Mitterrand membuka diskusi dengan pemimpin Libya. Muammar Gaddafi setuju dengan persyaratan mantan Presiden Perancis Francois Mitterrand untuk menarik diri dari Chad pada tahun 1984 .

"Rekan-rekan saya dan saya di Washington menyadari fakta bahwa beberapa pihak berwenang Prancis tergoda untuk bekerja dengan Gaddafi, ” kata Chester Crocker, Sekretaris Negara Urusan Afrika dari tahun 1981 sampai 1989.

Sementara Mitterrand dan Gaddafi menandatangani kesepakatan di mana Gaddafi setuju untuk tidak melintasi paralel ke-16, sebuah batas simbolis yang memisahkan pasukan Libya dan rezim Habre, Habre sendiri sedang mendaki pangkat kekuatan.

sumber : al jazeera.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement